Selasa, 14 Agustus 2018

Kurang Sosialisasi, Gebyar Paten di Cibuaya Sepi Peminat

KARAWANG, TVBERITA -Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu (Paten), Jumat (10/08), di Kecamatan Cibuaya berlangsung sepi. Hal itu terjadi akibat kurangnya sosialisasi sehingga warga pelosok tidak mengetahui secara jelas.

Pelaksaan kegiatan pelayanan administrasi terpadu yang seharusnya memudahkan masyarakat malah terkesan hanya kolega dan kerabat pemerintah saja yang ketahui dengan jelas.

Berdasarkan pantauan KORAN BERITA hampir semua stand pelayanan dalam acara Paten tersebut sepi pengunjung. Padahal untuk menarik perhatian masyarakat, dalam acara tersebut juga panitia menyediakan hiburan musik dengan panggung yang cukup megah.

Hal ini tentunya menjadi perhatian apakah acara Gebyar Paten yang secara maraton dilaksanakan di setiap kecamatan yang ada di Karawang tersebut benar-benar tepat sasaran?.

Kenyataannya warga belum mengetahui secara rinci apa yang dimaksud dengan pelayanan Paten. Padahal beberapa pelayanan seperti, Pendataan administrasi Catatan sipil dan kependudukan, BPJS Kesehatan, BJB hingga pelayanan pembayaran pajak kendaraan nampak sepi pengunjung.

Tujuan mendapatkan pengetahuan lebih perihal inisiasi pemerintah Kabupaten Khususnya Karawang yang akan dilakukan tidak sampai kepada masyarakat.

Salah satunya, Jamal warga Desa Pejaten Kecamatan Cibuaya, menerangkan jika dirinya tidak mengetahui semua dan apapun program pemerintah. Bahkan dirinya pun mengaku belum memiliki jaminan kesehatan baik itu KIS maupun BPJS. Padahal dalam program Paten tersebut juga dilaksanakan pelayanan program tersebut.

"Sampai saat ini saya belum memiliki Jaminan Kesehatan padahal saya sangat membuyuhkannya, cuma kan saya enggak tahu kalo ada kegiatan sampe membahas perihal adanya pelayanan itu. Dan sebagian warga di dusun kami tidak mengetahui secara jelas program paten itu apa," ungkapnya.

Baca Juga : Pupuk Kujang Berikan Penghargaan Kepada Wartawan Yang Ikut Jurnalistik

Hal senada pun dikatakan Unengsih warga Desa Jayamulya, segala program pemerintah seperti BPNT, rutilahu dan perbaikan jalan, dirinya menerangkan hampir semua warga mengenali program yang ada. Dirinya pun mengatakan dan berharap pemerintah bisa sampai dengan ke level terbawah masyarakat pemberitahuan itu di infokan agar di ketahui dengan baik.

"Kalau rakyat seperti kami yang paling saya ketahui hanya program perbaikan bedah rumah saja. Kalau yang lain nya kami tidak tahu kang. Ya perihal di mana yang enggak berjalan nya informasi saya engga tahu kang, apa pemerintah desa atau di level para aparaturnya," akunya.

Sementara saat KORAN BERITA mengkonfirmasi kepala desa setempat menampik jika sosialisasi itu berjalan. Pelaksanaannya program paten pada saat rapat mingguan pun sering diutarakan.

"Saya langsung infokan ke aparatur pemerintah saya. Mungkin kadang ada warga yang tidak mau tahu perihal program pemerintah yang bergulir. Namun saya tegaskan akan saya bantu jika ada warga saya berkenaan dengan program Paten," ucap Ita Warsita, Kades Cibuaya. (yay/ris)

MORE

Unsika Diduga Gelapkan Dana Ormawa Hingga Ratusan Juta

Unsika Diduga Gelapkan Dana Ormawa Hingga Ratusan Juta

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Dana kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tahun 2017...