Beranda Regional Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar Mulai Eksekusi Penataan Sungai Citarum

Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar Mulai Eksekusi Penataan Sungai Citarum

BANDUNG, TVBERITA.CO.ID- Pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera mengeksekusi program penataan Sungai Citarum yang menyandang predikat sebagai sungai paling tercemar di dunia.

Sosialisasi program dan persiapan rapat terbatas kabinet tentang penataan Citarum dilakukan di Gedung Sate, Kota Bandung, yang dipimpin oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menko Polhukam Wiranto, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, serta dihadiri oleh kepala daerah yang wilayahnya dilewati oleh Sungai Citarum.

“Citarum sungai terjorok di seluruh dunia. Dampaknya sangat besar untuk kesehatan. Bulan Februari kita bisa eksekusi rencana ini,” kata Luhut dalam pidatonya, Selasa (16/1/2018).

Luhut menambahkan, untuk menata serta membersihkan Sungai Citarum yang memiliki panjang 297 kilometer, selain Kemenko Kemaritiman dan Pemprov Jawa Barat, beberapa instansi juga bakal dilibatkan, seperti Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kementerian PU-Pera, Bappenas, kepolisian, TNI, kejaksaan, serta beberapa pemerintah kabupaten dan kota di Jawa Barat.

“Masalah di republik ini kerjaan tidak terintegrasi, semua mau jalan sendiri sendiri. Sekarang semua dibuat terpadu,” tuturnya.(KB)