Rabu, 21 November 2018

Harus Tau, Ternyata 8 Makanan Ini Tidak Baik Disimpan dalam Kulkas

TVBERITA.CO.ID- Agar makanan lebih awet, kita pasti berpikir untuk menyimpannya di dalam lemari es. Nyatanya, tak semua makanan akan terjaga kualitasnya, meski kita menyimpannya di dalam kulkas.

Ada beberapa makanan yang tak perlu kita simpan di dalam kulkas. Good Housekeeping Institute (GHI) menyebut, ada beberapa makanan yang tidak perlu disimpan pada suhu dingin.

Laman Daily Mail mengutipnya dan menguraikan dalam daftar berikut ini.

1. Melon

Jika kita membeli buah melon utuh, kita tak perlu menyimpannya di lemari es. Melon akan tetap terjaga kualitasnya di suhu kamar. Namun, ketika kita memotongnya, pakar dari GHI merekomendaiskan agar kita menyimpannya di lemari es, dengan dilapisi plastik.

2. Alpukat

Sebenarnya, tak ada masalah jika kita menyimpan alpukat di dalam kulkas. Namun, jika kita mencoba untuk mematangkannya, maka simpan dalam suhu kamar. Alpukat yang disimpan di kulkas tidak akan matang. Jadi, cara terbaik untuk memastikan kualitas alpukat adalah dengan menyimpannya dalam kantong kertas cokelat di lemari. Oh iya, menyimpan alpukat di dekat buah pisang akan mempercepat proses pematangan alpukat. Sebab, gas yang dikeluarkan pisang membantu mempercepat proses pematangan buah-buahan lainnya.

3. Kopi

Cara menyimpan kopi masih menjadi topik yang kotntorversial, di mana beberapa orang setuju agar menyimpannya dalam kulkas ketika kemasan terbuka.

Tapi, para ahli lain pun setuju bahwa kopi tak boleh disimpan dalam suhu dingin yang bercampur dengan bahan makanan lain, karena akan meyerap aromanya. Para ahli menyarankan agar kita menyimpan kopi dalam wadah kedap udara di dalam almari untuk mencegahnya menjadi basi.

4. Bawang putih

Banyak orang menyimpan bawang putih dalam lemari es agar lebih mudah menemukannya. Sebenarnya, bawang putih tak perlu disimpan di lemari es. Sebaiknya menyimpannya di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang lancar.

5. Tomat

Kita pasti berpikir untuk menyimpan tomat dalam lemari es. Namun kenyataanya, tomat terasa lebih nikmat saat disimpan pada suhu kamar. Dan, jangan menyimpannya dalam suhu dingin. Simpan tomat di meja atau di dekat jendela agar tak rasa tomat lebih lezat. Teknik penyimpanan ini memang tak akan membuat tomat bertahan lama. Tapi, selama kita mengonsumsinya dalam beberapa hari setelah pembelian, maka kualitas tomat tetap terjaga.

6. Roti

Para ahli menyarakan agar kita tak menyimpan roti dalam lemari es. Menyimpannya dengan suhu dingin hanya akan membuat roti cepat basi. Sebaiknya, kita menyimpannya di tempat yang kering dan sejuk.

7. Kue

Jika kue tersebut tak berisi krim segar, jangan pernah menyimpan kue di dalam kulkas. Sebaiknya, kita menyimpan kue di tempat yang sejuk dan gelap, seperti kaleng. Cara penyimpanan ini akan membuat kue bertahan selama tiga hari. Jika kita menyimpannya di kulkas, kue akan mudah basi dalam hitungan jam.

8. Bawang merah

Sama seperti bawang putih, bawang merah tak perlu disimpan di kulkas. Menurut GHI, kualitas bawang merah akan lebih baik jika kita menyimpannya di tempat yang kering dan berventilasi. Akan lebih baik jika kita menyimpannya di tempat gelap agar tunas bawang tidak muncul.(kompas/kb)