Selasa, 14 Agustus 2018

Walau Kedaluwarsa, Beberapa Makanan Ini Masih Layak Konsumsi

TVBERITA.CO.ID -Saat membaca label pada kemasan bahan makanan, kita pasti memperhatikan tanggal kadualuarsanya.Pada dasarnya, tanggal kedaluwarsa memberi informasi kapan produk makanan atau minuman tersebut berada pada puncak kualitas dan kesegarannya.

Namun, mengonsumsi makanan sebelum tanggal kedaluwarsa bukanlah aturan mutlak yang harus kita ikuti.

"Mengawasi tanggal penggunaannya pasti penting, tapi tidak perlu membuang makanan tersebut," kata Toby Amidor, ahli gizi dan penulis buku "The Easy 5-Ingredient Healthy Cookbook".

Tergantung pada makanan dan berapa banyak waktu yang telah berlalu sejak tanggal kedaluwarsa, namun ada beberapa makanan yang masih layak kita konsumsi setelah tanggal kedaluwarsa.

Mengetahui hal ini dapat membantu mengurangi limbah makanan dan membantu tentunya biaya belanja. Berikut empat makanan yang masih layak dikonsumsi meski melewati tanggal kedaluwarsa.

1. Makanan kaleng

Menurut Alan Aragon, seorang peneliti dalam bidang nutrisi, makanan olahan dapat bertahan lebih lama dari tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan. Hal yang sama, kata Amidor, juga berlaku pada makanan kaleng.

Untuk meminimalkan kerusakan pada makanan kaleng, sebaiknya kita menyimpannya di tempat yang sejuk dan terhindar dari cahaya matahari.

Namun, kita harus waspada terhadap tanda-tanda kerusakan makanan yang bisa kita perhatikan dari luar kaleng atau saat kita membukanya.

Jika bagian atas atau bawah kaleng terlihat menonjol, segel bocor, penyok atau karat pada kaleng, segeralah membuangnya. Adanya busa di bagian atas kaleng juga menandakan adanya botulisme yang dapat menyebabkan keracunan.

2. Produk susu

Amidor mengatakan bahwa produk yang terbuat dari susu seperti keju dan yogurt aman dikonsumsi hingga muncul tanda pembusukan. Produk susu biasanya bisa tahan hingga 5 hari dari batas tanggal kedaluwarsa-nya.

Sementara itu, keju (terutama keju yang berbentuk keras) dapat bertahan lebih lama.

Baca Juga : Perlu Tau, Ternyata Ini Penyebab Hipertensi Yang Jarang Diketahui

3. Sereal dan produk biji-bijian lainnya

Makanan seperti sereal, pasta atau kue kering masih bisa dikonsumsi meski melewati tanggal kedaluwarsa.

Tapi rasanya tentu sedikit apek. Jika terdapat kerusakan pada kemasannya, itu bisa mengindikasikan kontaminasi dari hewan pengerat.

Oleh karena itu, kita harus segera membuangnya.

4. Buah dan sayuran beku

Sebagian besar buah dan sayuran beku masih bisa dikonsumsi meski melewati tanggal kedaluwarsa.

Bahkan, meski makanan tersebut mengalami freezer burn atau muncul bintik-bintik es pada permukaan makanannya, kemungkinan besar masih aman untuk dikonsumsi.

Jangan biasakan mencairkan makanan beku lalu menyimpannya kembali di freezer karena berpotensi menyimpan bakteri.(kompas/kb)