Beranda Health Agar Tetap Aman Untuk Dikonsumsi, Berikut Cara Cek Kebusukan Telur

Agar Tetap Aman Untuk Dikonsumsi, Berikut Cara Cek Kebusukan Telur

Telur tetap sehat
Omelette (Foto: Istock)

TVBERITA.CO.ID – Telur adalah salah satu bahan makanan yang umum digunakan di dapur. Kaya akan protein dan nutrisi penting lainnya, telur adalah bagian penting dari banyak hidangan, mulai dari sarapan hingga makan malam.

Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah: sampai kapan telur tetap segar dan aman untuk dimasak setelah tanggal kadaluwarsa?

Baca juga: 7 Manfaat Bangun Pagi, Hidup Lebih Sehat dan Produktif

Tanggal kadaluwarsa pada kemasan telur biasanya memberikan perkiraan sampai kapan telur tetap segar. Namun, kadaluwarsa ini bisa bervariasi tergantung pada bagaimana telur disimpan dan diolah.

Biasanya, telur yang masih segar dapat bertahan lebih lama daripada tanggal yang tertera di kemasan jika disimpan dengan benar.

Cara Terbaik untuk Memeriksa Kebusukan Telur
Telur
Telur (Foto: Istock)
1. Metode Pengapungan

Letakkan telur dalam mangkuk air. Jika telur mengapung, itu menandakan kebusukan karena udara yang masuk ke dalam cangkang telur. Telur yang masih segar akan tenggelam.

2. Pemeriksaan Bau

Jika kita mencium bau yang tidak sedap ketika membuka telur, itu bisa menjadi tanda kebusukan. Telur yang segar biasanya tidak memiliki bau yang mencolok.

Baca juga: 8 Manfaat Konsumsi Telur Puyuh, Si Kecil yang Kaya Nutrisi

3. Penampilan Telur

Perhatikan penampilan cangkang telur. Jika cangkangnya retak atau ada bercak-bercak yang aneh, telur mungkin tidak layak untuk dimakan. (*)