Beranda Fashion 5 Cara Mengatur Keuangan Agar Tak Kebablasan, Buat Skala Prioritas

5 Cara Mengatur Keuangan Agar Tak Kebablasan, Buat Skala Prioritas

Cara mengatur keuangan
Foto ilustrasi.

TVBERITA.CO.ID – Tidak bisa dipungkiri, kita semua tahu bahwa mengatur keuangan adalah hal sulit bagi sebagian atau bahkan kebanyakan orang.

Seringkali, kebanyakan dari kita payah mengatur keuangan karena tidak mengerti bagaimana cara memanage uang-uang yang dimiliki.

Mengatur finansial tentu ada seninya, dan ada juga disiplin yang harus diupayakan.

Bagi kalian yang sampai saat ini masih sering kesulitan karena urusan finansial, simak 5 cara mengatur keuangan seperti berikut:

1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Dengan mencatat setiap uang yang masuk ataupun uang yang keluar, tentu saja memudahkan siapapun untuk melacak bagaimana pola keuangan yang kita jalani.

Baca juga: 7 Cara Mudah Atasi Stres Berkepanjangan, Nomor 5 Paling Manjur

Kita jadi bisa mengetahui seberapa besar penghasilan (tiap bulan misal), seberapa besar pengeluaran, kita bisa mengetahui irit dan borosnya hingga bisa mempermudah kita untuk mengkategorikan kebutuhan dan keinginan.

2. Belajar dan Disiplin Menabung

Setelah mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran uang, belajarlah untuk menyisihkan pendapatanmu untuk ditabung. Tak perlu meragukan lagi apa manfaatnya, dengan menabung tentu bisa membantu siapapun ketika dihadapkan dengan kondisi yang terduga.

Sisihkan pendapatanmu dan gunakan metode menabung yang menurutmu paling nyaman. Bisa menyimpan uang secara manual, menggunakan celengan, atau bisa juga membuat rekening tabungan. Lakukan dengan disiplin dan konsisten ya!

3. Hindari Berhutang dan Foya-foya

Poin ini sangat perlu diperhatikan, karena berhutang maupun foya-foya bisa berdampak buruk bagi kondisi keuanganmu.

Berhutang memang tidak sulit awalnya, namun jika tidak siap dengan konsikuensi, anda bisa kewalahan dan terjebak dalam pola gali lubang tutup lubang.

Begitupun dengan foya-foya, tidak ada salahnya jika foya-foya disesuaikan dengan pendapatan dan kebutuhan yang kamu miliki. Gunakanlah uang secara bijak, jangan hanya berbelanja dan mengeluarkan uang hanya karena gengsi, nafsu dan terseret gaya hidup hedon.

Baca juga: 3 Tips Sederhana Manajemen Waktu Agar Lebih Efektif dan Teratur

4. Buat Prioritas Kebutuhan

Yap, untuk menghindari pengeluaran uang yang tidak bijak. Anda bisa mulai dari sekarang untuk membuat prioritas kebutuhan. Gunakanlah uangmu untuk kebutuhan yang paling mendesak dahulu, buat list prioritasnya dan ini akan membantu kamu terhindar dari penggunaan uang yang tidak bijak.

5. Mulai Berinvestasi

Jika menabung adalah kegiatan yang menguntungkan, cobalah sisihkan pendapatanmu untuk berinvestasi. Memang cukup berisiko dan menantang, tapi dengan berinvestasi kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari sekedar menabung.

Pelajari sedikit demi sedikit, yok jangan takut untuk memulai investasi dan mengatur keuangan lebih baik.

(*)