Beranda Headline Manfaat Kacamata Anti Radiasi, Cocok Untuk Aktivitas Depan Layar

Manfaat Kacamata Anti Radiasi, Cocok Untuk Aktivitas Depan Layar

Manfaat Kacamata Anti Radiasi
Manfaat Kacamata Anti Radiasi (Foto: Ilustrasi/net.)

TVBERITA.CO.ID – Seiring perkembangan teknologi, kini banyak masyarakat yang mengharuskan bekerja di depan layar selama berjam-jam setiap harinya. Tanpa disadari, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Agar mata tetap sehat, maka diciptakanlah kacamata anti radiasi. Kacamata ini disebut dapat mengurangi efek samping pada mata akibat penggunaan gadget secara terus-menerus.

Lantas, apa sih sebenarnya kacamata anti radiasi itu? Apakah efektif melindungi mata dari radiasi? Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Baca juga: Manfaat Menghirup Aroma Kopi Bagi Kesehatan, Tingkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Mengenal Kacamata Anti Radiasi

Dilansir situs Optik Melawai, kacamata anti radiasi mengadopsi teknologi pelapisan ion vakum yang dapat mencegah radiasi panjang gelombang tertentu dari sinar yang terpancar lewat layar gadget, seperti smartphone, laptop, dan komputer.

Teknologi yang diusung pada kacamata anti radiasi dapat melindungi mata dari cahaya biru dengan panjang gelombang 380 nm sampai 500 nm. Hal ini dapat mencegah mata merasakan efek samping dari pemakaian gadget terlalu lama.

Baca juga: Manfaat Minum Teh Sereh di Pagi Hari, Ini Penjelasannya

Manfaat Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan mata. Jadi, kalau kalian lebih banyak bekerja di depan layar, maka sebaiknya pilih menggunakan kacamata jenis ini.

Bagi yang belum tahu, berikut sejumlah manfaat menggunakan kacamata anti radiasi:

  • Dapat menyerap gelombang mikro frekuensi rendah
  • Meminimalisir risiko terjadinya sakit kepala, mata lelah, dan mata kering akibat terlalu lama menatap layar
  • Mencegah mata tegang akibat melihat layar terlalu lama
  • Mengoptimalkan penglihatan sekaligus melindungi mata dari radiasi
Apakah Efektif Menggunakan Kacamata Anti Radiasi?

Banyak masyarakat yang memilih menggunakan kacamata anti radiasi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Kacamata ini diklaim membuat mata lebih nyaman ketika harus bekerja di depan layar. Namun, benarkah kacamata anti radiasi efektif?

Mengutip buku Fit and Fun Remaja 2: Kumpulan Konsultasi Kesehatan Remaja oleh dr Endika Rachmawati, dkk, sebenarnya efektif atau tidaknya kacamata anti radiasi tergantung dari kualitas dan bahan kacamata tersebut. Semakin bagus material yang digunakan, maka semakin bisa melindungi mata dari radiasi secara optimal.

Tapi perlu diingat, kacamata anti radiasi berfungsi sebagai alat bantu saja. Soalnya, kacamata tersebut tak dapat menyembuhkan keluhan mata yang sudah dialami oleh seseorang.

Apabila indra penglihatan mengalami masalah seperti mata kering, penglihatan kabur, mata merah, sakit kepala, hingga iritasi mata, maka sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Penting! Manfaat Refreshing Usai Lelah Bekerja, Simak Penjelasannya

Tips Menjaga Mata Tetap Sehat Setelah Menatap Layar

Menatap layar smartphone, laptop, dan komputer terlalu lama dapat menyebabkan gejala Computer Vision Syndrome (CVS). Sedikit informasi, CVS menyebabkan mata terasa tegang dan tidak nyaman akibat terlalu lama melihat layar.

Dilansir Web MD, sebuah penelitian menunjukkan bahwa 50-90% orang yang bekerja di depan layar setiap hari pernah mengalami gejala CVS. Beberapa gejala CVS di antaranya:

  • Penglihatan kabur
  • Penglihatan ganda
  • Mata kering dan merah
  • Iritasi mata
  • Sakit kepala
  • Sakit leher atau punggung

Namun tak perlu khawatir, ada sejumlah tips dalam menjaga kesehatan mata setelah menatap layar seharian. Simak tipsnya di bawah ini:

1. Atur Ulang Posisi Monitor

Apabila kamu bekerja di depan monitor, komputer, dan laptop, coba ubah posisinya agar lebih nyaman untuk dilihat. Posisi yang nyaman antara mata dengan layar jaraknya sekitar 50-70 cm.

2. Istirahatkan Mata Sejenak

Melihat layar terlalu lama memang bikin mata cepat lelah. Untuk mengatasinya, cobalah metode 20-20-20.

Prinsipnya mudah, setelah 20 menit memandang layar, cobalah untuk mengalihkan pandangan dengan melihat sesuatu yang jaraknya sekitar 20 kaki (6 meter) dalam waktu 20 detik saja.

Baca juga: Selain Cegah Penuaan Dini, Ternyata Ceker juga Kaya Manfaat, Berikut Penjelasannya

Jangan lupa untuk sering berkedip demi menjaga kelembapan mata. Jika mata terasa kering, gunakan obat tetes mata.

Demikian penjelasan mengenai kacamata anti radiasi beserta tips menjaga mata agar tetap sehat walau seharian berada di depan layar. (*)