Beranda Bekasi 500 Unit Tapping Boxs Terpasang, Bapenda Target Sampai 2.000

500 Unit Tapping Boxs Terpasang, Bapenda Target Sampai 2.000

TVBERITA.CO.ID – Dalam mendukung pembangunan sarana prasana Kota Berbasis Digital dan peningkatan pendapatan daerah, serta rencana pembangunan infrastruktur pelayanan di Kota Bekasi, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi mengadakan diskusi sosialiasiasi dan evaluasi Tapping Boxs Wajib Pajak Restoran, Hotel dan Parkiran Kendaraan bersama Bank Bjb Cabang Kota Bekasi, di halaman Parkir Summarecon Mall Bekasi, Kamis ( 2/7/20).

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Bekasi Aan Suhanda menyampaikan kepada para WP restoran, hotel dan parkiran, bahwa saat ini baru 500 unit Tapping boxs yang terpasang.

“Menurut rekomendasi KPK harus di atas 2.000 unit, namun kemampuan dari Bapenda Kota Bekasi di tahap pertama baru terpasang Tapping Box baru 500 unit. Saya tidak tahu kendalanya di lapangan seperti apa. Makanya saat ini kita evaluasi dalam forum diskusi ini agar Tapping Boxs ini semuanya berjalan lancar,” ungkap Aan Suhanda.

Karena pemasangan tapping boxs ini kata Aan, tidak main-main, semua akan dilakukan pemeriksaan oleh KPK.

“Jadi kalau ada yang main-main dengan tapping boxs ini, sudah hentikan saja. Mari kita sama-sama membangun sistem WP dengan menggunakan digital, sehingga hasil laporan pajak jadi maksimal,” jelasnya .

Kota Bekasi ini perkembangannya sudah bagus dan signifikan, dari jumlah 2,7 juta jiwa dengan luas wilayah 21 ribu, dan indeks prestasi di angka 81,5 persen.

“Dengan pertumbuhan bisnis secara global sudah di atas nasional, tentunya dari segi perekonomian pun tumbuh dan berpengaruh pada pendapatan asli daerah,” papar Aan.

Manager Operasional Bjb cabang Bekasi Harmiya mengungkapkan, keberadaan Tapping Boxs ini sudah jelas sangat memudahkan para WP untuk mencocokan laporan pendapatan mereka.

“Sehingga pihak Bapenda pun akan lebih mudah untuk mengontrol WP tersebut di instansi parkiran, hotel, dan restoran,” jelas Harmiya.

Adapun peran Bank Bjb Bekasi ini secara teknis memang tidak terlibat secara langsung. Namun hanya sebatas pengelola keuangan pajak.

“Bank bjb Bekasi hanya sebagai penyedia pembayaran dan pengelola keuangan pajak tersebut, dan bank persepsi merupakan mitra kerja dari Pemerintah Kota Bekasi,” kata Harmia.

Di tahun 2019, kata Mia, sudah terpasang Tapping Boxs atau lebih jelas sebutan e-Tapp.

“Pemasangan Tapping Boxs di 500 WP di tahun 2019 secara kebut, karena berdasarkan perjanjian dengan Pemerintah Kota Bekasi akan memasang 1,000 tapping boxs. Tahun 2020 ini Bapenda akan memasang kembali 500 Tapping Boxs tahap kedua,” bebernya. (ais/fzy)