Beranda Karawang Anggaran 3 Miliar, Pasar Tradisional Sumur Gede Segera Dibangun

Anggaran 3 Miliar, Pasar Tradisional Sumur Gede Segera Dibangun

TVBERITA.CO.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang tidak lama lagi akan segera membangun Pasar Tradisional Sumur Gede Cilamaya dengan dana senilai Rp 3 miliar, seluas 3.324 Meter².

Oleh karenanya untuk mempercepat pembangunan pasar tersebut Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang (Disperindag) berkoordinasi dengan Badan Pertahanan Nasional (BPN) Karawang.

“Kita besok akan melakukan survey ke lapangan bersama BPN untuk melakukan pengukuran ulang karena salah satu syaratnya harus dari BPN, kita ingin tahu mana yang sebenarnya, spotnya ya, berapa tepatnya luasnya kita ingin tahu karena lahan ini adalah lahan milik desa,” kata Kepala Disperindag Kabupaten Karawang , Ahmad Suroto, kepada TV Berita, Selasa (7/7).

Lebih lanjut dikatakan Suroto, pasar tersebut akan segera dibangun di tahun 2020 ini, dari anggaran Tugas Pembantuan (TP) Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia. Dengan status lahan adalah lahan hibah milik desa yang sudah diserahkan ke Pemkab Karawang.

“Kita ingin tahu batas-batasnya, mana lahan tanah desa, tanah adat, tanah warga dan lain sebagainya,” ulasnya lagi.

Suroto menyebutkan dari 13 pasar milik Pemda Karawang dan 13 pasar milik desa sudah hampir seluruhnya lahan pasar tersebut bersertifikat. Meski diakuinya ada juga yang masih meninggalkan sejumlah masalah diantaranya pasar Cikampek II dan pasar Lemah Abang yang masih bergesekan dengan Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA).

“Kita akan segera selesaikan karena khawatir ke depannya ada permasalahan hukum, kita akan dorong terus ke bagian aset,” ujarnya.

Menurut Suroto, Pasar Sumur Gede ini nantinya akan menjadi pasar tradisional yang ber-Standar Nasional Indonesia(SNI).

“Pasar ini nantinya akan menjadi pasar yang sudah ber-SNI dan representatif, Detail Engineering Design (DED)-nya sudah ada, selesai ini kita akan segera lakukan lelang,” pungkasnya. (nna/fzy)