Beranda News Bapenda Tegaskan Tidak Bisa Mencabut SPPT

Bapenda Tegaskan Tidak Bisa Mencabut SPPT

TVBERITA.CO.ID – Pjs Kepala Desa Ciwareng Asep Sukandar yang didesak untuk mencabut SPPT yang telah diterbitkan oleh Bapenda Purwakarta berdasarkan surat keterangan dari Pjs Kepala Desa Ciwareng terhadap SHM enam bidang tanah milik keluarga Naresih oleh warga Desa Ciwareng akhirnya buntu.

Asep Sukendar yang didesak warga Desa Ciwareng untuk mencabut SPPT yang telah diterbitkan oleh Bapenda berdasarkan surat keterangan dari dirinya sebagai Pjs Kades Ciwareng mendatangi Kantor Bapenda Purwakarta untuk mencabut SPPT, namun hal itu tidak dapat dilakukan.

“Bapenda itu mengeluarkan Mutasi SPPT berdasarkan surat keterangan dari desa, berdasarkan juga keterangan lainnya,” jelas Kabid Pendapatan II Bapenda Purwakarta Agung Mutaqin, Senin (12/10).

“Tidak bisa dicabut begitu saja, karena selain surat keterangan dari Pjs Desa Ciwareng kami juga memiliki keputusan hukum yang paling mutakhir salah satunya oengajuan surat dari PN Purwakarta, PT dan MA, yang membatalkan SHM miliki keluarga Naresih,” ujarnya.

“Kemudian ada lagi BPN juga mengeluarkan pembatalan sertifikat, jadi tidak bisa dicabut, terlebih lagi Bapenda itu hanya terkait masalah pajak saja, kecuali ada keterangan lainnya yang bisa menguatkan untuk SPPT dicabut,” paparnya.

“Seharusnya pihak desa sendiri sangat hati-hati sekali ketika memberikan surat keterangan sebagai pengantar mutasi atau perubahan SPPT terhadap tanah terlebih sudah SHM, jadi silakan saja Kades ditanya,” tegasnya.

Sementara itu Pjs Kepala Desa Ciwareng Asep Sukandar didampingi Camat Babakan Aan yang mendatangi Bapenda usai bertemu Kabid Pendapatan II tidak memberikan komentar apapun terkait permasalahan ini.

Sebelumnya warga Desa Ciwareng mendatangi Desa Ciwareng dan meminta Pjs Kades Ciwareng untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya dengan memberikan surat keterangan mutasi SPPT tanpa ada keterangan administrasi apapun di desa, bahkan Pjs Kades dianggap telah menyalahgunakan jabatannya. (trg)