Beranda Karawang Bawaslu Matangkan Pengawasan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan

Bawaslu Matangkan Pengawasan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan

TVBERITA.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang mematangkan persiapan pengawasan verifikasi faktual (verfak) pencalonan perseorangan untuk Pilkada 2020.

Tahapan ini akan dimulai pada 24 Juni – 12 Juli  2020. Hal ini dilakukan jangan sampai pengawasan yang dilaksanakan kendor sehingga menimbulkan adanya celah penyimpangan.

“Dalam koordinasi yang dilaksanakan dengan Panitia pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) di tingkat kecamatan untuk melaksanakan pengawasan tahapan Pilkada,” terang Ketua Bawaslu Kabupaten Karawang, Kursin Kurniawan, Selasa (23/6).

Dikatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan personel dan strategi pengawasan dalam verifikasi faktual (Verfak) yang dijadwalkan 24 Juni hingga 12 Juli mendatang.

“Saat ini kami tengah fokus membekali jajaran pengawas kami baik ditingkat kecamatan maupun tingkat desa dan kelurahan  dalam hal pengawasan verifikasi faktual Bakal Calon Perorangan (Bacaper). Sesuai dengan arahan Badan Pengawas Provinsi Jabar,” jelas Kursin.

Pihaknya menegaskan, supaya Panwaslu Kecamatan memberi arahan kepada jajaran pengawas di tingkat kelurahan jika terjadi perbedaan tafsir dalam Verfak tersebut. Menurutnya hal ini akan menjadi titik rawan sengketa, jika tidak dilakukan pengawasan dan pendampingan di lapangan secara langsung.

“Ini yang perlu diperhatikan. Jangan sampai ada beda data di lapangan. Sehingga, pengawasan dan pendampingan perlu dilakukan secara langsung,” katanya.

Dalam koordinasi yang dilakukan, lanjut Kursin, pihaknya meminta petugas verfak dilapangan tetap melakukan protokol kesehatan dengan menggunkan alat pelindung diri dalam melaksanakan verfak .

“Petugas verfak di lapangan tetap menggunakan prosedur protokol kesehatan menggubakan APD,” pungkasnya. (nna/fzy)