Beranda Karawang Begini Serunya Kegiatan MPLS Ala SMAN 1 Karawang

Begini Serunya Kegiatan MPLS Ala SMAN 1 Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID– Sudah menjadi tradisi bagi setiap sekolah untuk melaksanakan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau sekarang dikenal dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tahun ajaran baru.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh sekolah dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sebagai pelaksananya. Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah mengenalkan situasi dan kondisi sekolah kepada siswa baru sebelum dimulainya proses pembelajaran di kelas.

Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang pada tahun-tahun sebelumnya selalu identik dengan kegiatan perpeloncoan dan senioritas, kini bukan hal yang menyeramkan lagi.

Pasalnya, MPLS saat ini telah menjelma kegiatan penuh edukasi yang seru dan mengasyikan. Contohnya seperti pelaksanaan MPLS di SMAN 1 Karawang. Meski awalnya terlihat canggung, ratusan siswa baru itu sangat antusias mengikuti seluruh materi.

Ketua OSIS SMAN 1 Karawang, Ghifarie Aulia Ramadhany mengatakan, MPLS di sekolahnya sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Kegiatan MPLS tahun ini mengangkat tema “PLS 2019 Pendidikan Berkarakter Jabar Juara”.

“Materi yang sudah diberikan ke kita baik itu menyangkut penguatan pendidikan karakter yang wawasan wiyata mandala, cara belajar efektif dan sebagainya,” kata Ghifarie didampingi Ketua Pelaksana, Yovi Simarogo dan Penyusun Buku Panduan PLS, Sahala Nael saat diwawancarai di sekolahnya, Selasa (16/7/2019) siang.

Materi yang diberikan di kegiatan MPLS ini, kata Ghifarie hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, ada pengarahan dari Polisi maupun Kejari tentang keamanan lingkungan, bahaya narkoba dan sebagainya,” katanya.

Selain diberikan materi materi edukasi, lanjut dia, siswa baru juga mulai diberikan pengenalan mengenai budaya di Smansa, seperti bersalaman jika bertemu dengan orang yang lebih tua dan memanggil akang/teteh kepada kakak kelasnya.

Kegiatan MPLS dimulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Kegiatan diawali dengan apel upacara yang pertama dan kemudian diikuti agenda lainnya sesuai dengan jadwal. (cr2/ris)