Beranda Bekasi Bekasi Mart Diluncurkan, Dorongan Pemerintah agar UMKM Go International

Bekasi Mart Diluncurkan, Dorongan Pemerintah agar UMKM Go International

TVBERITA.CO.ID – Melalui bidang Perkembangan, Kehidupan Tim Percepatan Kota Bekasi, Pemerintah Kota Bekasi telah meluncurkan Bekasi Mart untuk mengangkat potensi wirausaha produk UMKM/IKM Kota Bekasi naik kelas, Rabu (26/8/20) di Gedung Nonon Sontani Lantai 2, Bekasi Selatan.

Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhiantio menyampaikan, dalam peluncuran ini dukungan dari seluruh stakeholder Kota Bekasi seperti Dinas Koperasi UMKM, Dinas Perdadangan dan Industri, Asda II sangat penting untuk membantu perkembangan pelaku UMKM/IKM di tengah pandemi.

“UMKM harus terus eksis masuk ke pasar global internasional. Yang paling utama eksportir-eksportir yang hadir hari ini mampu membawa produk-produk UMKM/IKM Kota Bekasi untuk masuk ke pasar Internasional,” ungkap Tri Adhianto saat dikonfirmasi Tvberita usai launching.

“Menjadi tugas Pemerintah Kota Bekasi terus mendorong dan membangkitkan semangat para wirausaha UMKM/IKM. Dengan metode ini mudah-mudahan dari seluruh komponen mulai dari tim percepatan, perguruan tinggi Universitas Pelita Bangsa Bekasi, dan pemerintah Kota Bekasi dalam rangka memberikan proses perizinan dan memberikan rekomendasi jangan dipersulit untuk membuat surat perizinan kepada UMKM agar bisa melebarkan usahanya,” jelas Mas Tri.

Terkait pemasaran pun, kata Tri, para pelaku UMKM Kota Bekasi jangan pernah bosan untuk berpromosi memanfaatkan era digital dan media sosial. Pelaku UMKM pun diminta terus menjalin komunikasi dengan masyarakat dan pemerintah untuk bertukar pikiran.

“Saya berharap, dengan adanya Bekasi Mart ini, bukan hanya launchingnya saja, tetapi bagaimana dalam mengembangkan bisnisnya para UMKM IKM di Kota bekasi ke dunia internasional. Sebagai kumpulan UMKM, kita juga undang eksportir yang sudah ahli di bidangnya, dua bulan ke depannya, kita mempersiapkan diri, produk UMKM masuk pasar internasional,” jelasnya.

Stelah keliling dan ngobrol-ngobrol dengan beberapa pelaku UMKM, Mas Tri banyak menangkap perkembangan UMKM Kota Bekasi ternyata produk hijab dan makanan sudah melakukan penjualan ekspor ke luar negeri seperti Arab Saudi.

“Bahkan makanan Roa, luar biasa tenyata ekspornya sudah masuk ke pasar Amerika. Kopi stamina masuk ke Polandia. Saat ini yang diperlukan oleh pelaku UMKM adalah komunikasi di antara mereka, kemudian untuk memotivasi teman-teman UMKM-nya yang akan masuk ke pasar Internasional, ini ada pasar yang bisa dioptimalkan.”

“Karena dari data yang ada, UMKM Kota Bekasi sudah ada hampir 250 ribu, tentunya pemerintah Kota Bekasi tidak akan tinggal diam dan akan terus mendorong untuk menjadikan UMKM naik kelas. Sehingga tidak ada lagi kendala yang dihadapi UMKM,” bebernya. (ais/fzy)