Beranda Bekasi Bentuk Solidaritas, Vihara Buddha Guna Berbagi Makanan Buka Puasa

Bentuk Solidaritas, Vihara Buddha Guna Berbagi Makanan Buka Puasa

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG –¬†Berbeda keyakinan ternyata tak menghalangi semangat untuk saling berbagi. Ini tergambar dalam kegiatan Vihara Buddha Guna Karawang. Sanggar Suci umat Buddha ini membagikan santapan untuk buka puasa bagi umat muslim.

Sore itu, ada sekitar 600 porsi takzil dan makanan yang dibagikan oleh pengurus Wanita Buddhis Indonesia (WBI) dan remaja vihara. Mereka membagikan makanan di pinggir jalan dengan sejumlah lokasi antara lain Galuh Mas, Jalan Tuparev, Niaga, By Pass, termasuk di Pasar Baru Karawang. Berbagi makanan buka puasa ini adalah tradisi yang sudah mereka jalankan sejak tiga tahun silam.

“Meski takzil, tetapi bisa memberi kebahagiaan bagi yang berpuasa,” kata Ketua WBI KarSang, Mailina, usai membagikan takjil, Sabtu (2/5/2020) sore. Ia juga mengaku turut turun membagikan makanan bersama pengurus lainnya.

Ini tahun ketiga Umat Vihara Buddha Guna membagikan takjil di bulan Ramadan, sebagai solidaritas beragama terhadap muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Pada Hari Waisak 7 Mei besok, kita akan bagi-bagi sembako bagi pengemis, tukang ojek, tukang becak dan warga yang membutuhkan,” kata Mailina.

Diceritakannya, menyiapkan makanan berbuka puasa bagi umat muslim ini kali pertama dilakukan tahun 2017. Pengurus vihara melalui WBI pun berderma berbagi makanan untuk membantu meringankan beban warga.

Paguyuban yang di dalamnya mayoritas umat Buddha anggota vihara menghimpun dana untuk derma makanan. Sejak itu pula, berbagi makanan berbuka puasa menjadi tradisi yang rutin dilaksanakan setiap Ramadan tiba. (nji/fzy)