Beranda Headline Berantas Percaloan, Sekda Acep Mau Benahi Sistem Rekrutmen Kerja

Berantas Percaloan, Sekda Acep Mau Benahi Sistem Rekrutmen Kerja

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri mengakui jika permasalahan pengangguran di Kabupaten Karawang masih tinggi dan praktik percaloan untuk masuk ke perusahaan atau pabrik pun masih marak.

Oleh karenanya, ia menegaskan akan melakukan evaluasi di segala bidang yang terkait dan mengoptimalkan implementasi amanah Perda Ketenagakerjaan No. 1/2011 ke perusahaan-perusahaan.

Menurut Sekda Acep, saat ini pemerintah daerah Kabupaten Karawang masih terus melakukan pembenahan, salah satunya adalah sistem rekrutmen tenaga kerja yang ada di Disnaker (Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karawang).

Lebih lanjut ditandaskannya, Pemda akan melakukan evaluasi dari sumber daya manusianya, proses rekrutmennya, termasuk juga dengan lembaga-lembaga perekrutan tenaga kerja dan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karawang.

“Kita akan evaluasi, dan penanganannya nanti akan dilakukan oleh Asda I dan Asda II. Kita akan memfasilitasi semua bagaimana membenahi proses rekrutmen tenaga kerja dan percaloan yang kerap dikeluhkan masyarakat,” tegasnya.

Menurut Sekda Acep, kesulitan mencari pekerjaan itu selain faktor minimnya lowongan kerja yang ada, namun juga faktor sumber daya manusia (SDM) yang turut mempengaruhi.

Dan inilah yang kemudian menjadi tugas Pemda untuk bagaimana meningkatkan kemampuan dan keahlian warga Karawang.

“Faktor sikap mental ketaatan dan disiplin tenaga kerja Karawang yang juga ke depan harus kita benahi, sehingga bisa bersaing dengan tenaga kerja dari luar,” ulasnya.

Sekda Acep berpendapat, peluang bekerja tidak hanya harus bekerja di pabrik, akan tetapi bagaimana menciptakan ruang-ruang yang bisa menciptakan lapangan kerja.

“Selain tahap penyelesaian RPJMD untuk mempermudah rekrutmen tenaga kerja, kita juga ke depan akan menciptakan dan memperbanyak spot-spot ruang tenaga kerja. Bekerja itu tidak harus di pabrik, kita juga bisa mencipatakan lapangan kerja,” ujar Sekda menerangkan. (nna/kie)