Beranda Karawang Rakyatnya Makan Beras Berkutu, Ketua DPRD Menduga Beras Tersebut Berasal dari CSR

Rakyatnya Makan Beras Berkutu, Ketua DPRD Menduga Beras Tersebut Berasal dari CSR

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG –¬†Prihatin warga masyarakatnya makan beras berkutu dan apek, Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Pendi Anwar, meminta dengan tegas agar Bulog Karawang segera menarik kembali beras-beras tersebut dan menggantinya dengan beras yang lebih bagus kualitasnya.

Dikatakan Pendi, beras yang didistribusikan ke kecamatan-kecamatan untuk dapur umum itu adalah beras medium Bulog yang dibeli Pemda tahun 2019. Namun kualitasnya juga tidak layak.

“Saya sudah sampaikan kepada Kepala Bulog pada saat rapat kemarin agar segera menarik itu beras kalau gak layak untuk masyarakat, dan tukar dengan yang lebih bagus,” kata Pendi.

Lebih lanjut Pendi menuturkan, pihaknya pun sempat menanyakan sumber dana pembelian beras tersebut kepada Sekda Karawang. Dan, diungkapkan Pendi, Sekda menjelaskan kepada dirinya jika beras-beras tersebut dibeli Pemda dari anggaran Non APBD.

“Pak Sekda mengatakan kepada saya jika Beras-beras ini dibeli dari anggaran Non APBD yaitu dari sumbangan-sumbangan,mungkin dari situ,” ungkapnya.

Tentu saja, kata Pendi ini membingungkan, sementara pihaknya mendengar kabar, anggaran pembelian beras ini berasal dari anggaran APBD 2019.

“Pemikiran saya kalau ini bukan dari APBD, berarti dari CSR dong, inilah mengapa harus dibuka kaitan transparansi bantuan dari pihak luar, teman-teman dewan juga harus tahu,” paparnya.

Ditegaskan Pendi, di sini harus ada kejelasan, bantuan-bantuan ini dari mana saja dan berapa jumlahnya, harus ada transparansi anggaran dari Non APBD ini.

“Pak Sekda baru akan melaporkannya, nanti,” pungkasnya. (nna/fzy)