Beranda News Berikan Penerangan Hukum, Kejari Datangi Kecamatan Campaka

Berikan Penerangan Hukum, Kejari Datangi Kecamatan Campaka

PURWAKARTA-Kejaksaan Negeri Purwakarta mendatangi Desa Campaka Sari Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta untuk memberikan penerangan hukum kepada seluruh Kepala Desa se Kecamatan Campaka di Aula Desa Campaka Sari Kamis (16/3).

Dalam kegiatan penerangan hukum ini dihadiri oleh Kajari Purwakarta Rohayatie SH.MH didampingi Kasi Intel Kejaksaan Negeri Purwakarta Febrianto Ary Kustiawan dan sejumlah staf Kejari Purwakarta, Camat Campaka Ade Sumarna dan Kepala Desa se Kecamatan Campaka.

“Kita harus melek hukum, jadi salah satu tugas kami memberikan penerangan hukum kepada masyarakat,” jelas Kajari Purwakarta Rohayatie SH. MH Kamis (16/3).

“Alur pelaporan, juga harus dipahami, karena kalau kita berbicara APH ada perbedaan antara Kejaksaan dan Polri,” ungkapnya.

“Pelaporan bila terjadi indikasi tindak pidana bisa dilaporkan di Kejaksaan, karena di Kejaksaan sendiri ada beberapa seksi yang menangani permasakhan, ada Intel, Pidsus, Pidum dan Datun,” ucapnya.

“Seksi inilah yang bisa menangani berbagai laporan dari masyarakat dan bisa menindaklanjuti, kalau laporannya melalui Polri maka tugas Kejaksaan salah satunya adalah menangani kasus hingga ke Pengadilan Negeri kalau sudah P21,” paparnya.

“Kami berharap dengan penerangan hukum ini baik Kepala Desa hingga ke masyarakat bisa memahami alur yang bisa dilakukan, baik langsung maupun tidak langsung, kita juga kan sudah punya aplikasi Simpink, jadi silahkan masyarakat memilih, ” tegasnya.

“Kejaksaan terbuka dan siap menindaklanjuti bila ada palaporan yang dianggap merugikan masyarakat ataupun negara,” pungkasnya. (trg)