Beranda Karawang Berkontribusi Terhadap Pembangunan Ekonomi Desa, Seia Piantara Raih Penghargaan

Berkontribusi Terhadap Pembangunan Ekonomi Desa, Seia Piantara Raih Penghargaan

Ketua KPKS, Seia Piantara saat meraih Penghargaan dari Patriot Desa (Foto: Istimewa)

KARAWANG- Organisasi mitra pemerintah Patriot Desa Karawang mengadakan acara Festival Desa Sekarwangi (Serempak Karawang Mandiri 2022) di aula Husni Hamid Pemda Karawang. Acara tersebut berbentuk talkshow yang di bagi dua sesi.

Selain tokoh-tokoh pemerintahan dan akademisi, dan aktivis hadir pula Ketua Koperasi Pemuda Karawang Sejahtera, Seia Piantara, SE., MM mewakili sektor UMKM yang bergerak di pemberdayaan, pembinaan serta pembangunan usaha muda yang ada di Karawang. Selain itu turut hadir para camat dan fungsionaris pemerintahan desa yang ada di Karawang.

Sesi pertama dengan narasumber tokoh-tokoh pemerintahan yang membahas kebijakan-kebijakan pemerintah kabupaten Karawang.

Sedangkan pada sesi kedua mengangkat potensi yang ada di desa-desa untuk dipotimalkan menjadi kebermanfaatan sosial ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Baca juga: Daftar Lengkap UMK 2023 di Jabar, Karawang Jadi yang Tertinggi Rp 5,17 Juta

Pada sesi tersebut Kang Seia (sapaan akrabnya) memberikan pemaparannya terkait konsen KPKS yang ia bina, selama ini fokus kepada pertumbuhan dan peningkatan Usaha Muda yang ada di desa-desa.

Ia juga mendapatkan penghargaan dari Patriot Desa Karawang terkait Dedikasi Kemitraan Kemajuan Pembangunan Ekonomi Desa. Menurutnya penghargaan ini ia dedikasikan untuk seluruh pelaku usaha mikro yang ada di Karawang.

“Sebenernya penghargaan ini lebih layak kami sematkan untuk seluruh pelaku usaha mikro yang ada di Karawang, karena merekalah yang menjaga roda ekonomi tetap berjalan ditengah berbagai macam keadaan,” kata Seia, Kamis (8/12/2022)

Mantan Presiden Mahasiswa Karawang ini juga menambahkan KPKS adalah sebuah wadah bagi pengembangan dan pembinaan untuk mereka pelaku usaha-usaha mikro Karawang yang selama ini selalu dikesampingkan.

Baca juga: Syaiful Huda Gelorakan SKJ Bagi Generasi Muda

“Jadi kami lihat selama ini pelaku usaha mikro hanya dijadikan objek semata, bukan subjek, maka dari itu saya dengan KPKS mencoba membuat gagasan dimana peran serta koperasi itu bukan hanya sekedar simpan pinjam, tapi harus berdampak pada pertumbuhan ekonomi usaha mikro itu sendiri,” ujarnya.

Dengan penghargaan ini Kang Seia berharap bahwa kemajuan ekonomi desa yang berbasis kerakyatan akan tetap terus tumbuh, maju, dan berkembang, sehingga di era digitalisasi ini semua persaingan gelobal semakin terbuka.

“Iya tentu saya mengucapkan terimakasih untuk teman-teman Patriot Desa Karawang yang telah mengundang Saya sebagai pembicara dan bahkan malah dikasih penghargaan seperti ini, terimakasih atas apresiasinya dan maju terus Patriot Desa Karawang serta salam Kolaborasi,” tutupnya.