Beranda Karawang BKPSDM Karawang: 2019, Tingkat Disiplin ASN Naik Satu Persen Dibanding Tahun Lalu

BKPSDM Karawang: 2019, Tingkat Disiplin ASN Naik Satu Persen Dibanding Tahun Lalu

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang menyatakan tingkat disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) pemerintahan daerah Kabupaten Karawang setiap tahunnya semakin membaik.

Di tahun 2019 ini, tingkat kehadiran ASN mencapai angka 96 persen. Berbeda sedikit di tahun 2018 yang mencapai angka 95 persen.

Hal tersebut karena, diterapkanya sanksi pemotongan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN yang indisipliner.

“Progresnya, kami menilai kinerja ASN Pemkab Karawang semakin membaik dan disiplin. Kehadiran mereka sepanjang tahun 2019 pun mencapai 96 persen. Sedikit lebih tinggi dari tahun 2018 lalu. Karena sanksi pemotongan TPP yang diberlakukan membuat efek jera bagi mereka,” kata Kepala Bidang Disiplin Pegawai BKPSDM Kabupaten Karawang, Dudi Alexandria menjelaskan.

Dudi yang ditemui Tvberita, Kamis (2/1), sedang melakukan giat Inspeksi Mendadak (Inspeksi) hari pertama kerja usai libur nasional 1 Januari 2019, di kantor Dinas Pangan Kabupaten Karawang ini mengatakan berdasarkan Peraturan Kepala BKN No. 24 tahun 2017 tentang cuti pegawai, di mana Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak lagi diperbolehkan izin tidak masuk kerja, namun hanya diberikan cuti sebanyak 12 hari selama satu tahun.

“Sehingga, PNS tidak bisa beralasan Izin tidak masuk kecuali cuti. Dan secara akumulasi, seorang PNS, 46 hari kerja tidak masuk tanpa keterangan/izin, maka PNS tersebut akan diberikan sanksi yang tidak hanya dipotong TPP nya, tapi sampai ke pemecatan,” jelasnya lagi menerangkan.

“Tidak ada kendala bagi kami menerapkan sanksi bagi indisipliner, kendalanya hanyalah di SKPD yang seolah menutup-nutupi dan kami hanya mendapatkan informasi dari masyarakat,” timpalnya menyesalkan.

Disinggung soal Sidak yang dilakukannya bersama jajaran, Dudi mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan sidak ke beberapa SKPD. di antaranya adalah DPMPTSP Kabupaten Karawang, DLHK Kabupaten Karawang, Kecamatan Karawang Barat dan Dinas Pangan Kabupaten Karawang.

Hasilnya, Dudi menyebutkan, DPMPTSP ada 1 orang sedang sakit dan 1 orang pegawai sedang cuti. DLHK, satu bidang sedang dilapangan seluruhnya karena ada acara Pertamina.

Sementara untuk Kecamatan Karawang Barat 1 orang pegawai sedang sakit dan 1 orang pegawai tanpa kererangan. Dan untuk Dinas Pangan, seluruh pegawai hadir, kecuali Kepala Dinas, Kepala Bidang sedang di lapangan.

“Sidak ini kerap kami lakukan setiap tahunnya, di setiap tanggal merah, rutin kami lakukan. Dan Alhamdulillah, semua hadir,” tandasnya. (nna/kie)