Beranda Headline 297 Desa di Karawang Gelontorkan Alokasi Bantuan Langsung Tunai

297 Desa di Karawang Gelontorkan Alokasi Bantuan Langsung Tunai

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – 297 desa di Kabupaten Karawang telah mendistribusikan bantuan langsung tunai dari alokasi dana desa tahap pertama. Masing-masing keluarga penerima manfaat menerima uang tunai 600 ribu rupiah setiap bulan. Mulai dari April, Mei, sampai Juni.

Pemerintahan desa wajib mengalokasikan maksimal 30 sampai 35 persen dari pagu dana desa tahun 2020 untuk disalurkan ke masyarakat yang terdampak Covid-19. Di Karawang, bantuan termin 1 disalurkan sebesar 15 persen dari dana desa, dengan total 36 miliar rupiah yang disalurkan ke 61 ribuan keluarga penerima manfaat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Agus Mulyana mengatakan, bantuan disalurkan langsung oleh kepala desa masing-masing.

Agus juga menambahkan, karena kekurangan kuota, bukan tidak mungkin satu keluarga penerima manfaat menerima kurang dari 600 ribu rupiah. Meski regulasi mensyaratkan besaran nominal penerima bantuan, Agus yakin kebijakan yang diambil kepala desa adalah hasil musyawarah bersama.

“Ada pembedaan besaran yang diterima, saya menghargai langkah-langkah yang dilakukan. Saya yakin bukan untuk semata-mata keinginan pribadi untuk memotong atau memilah tidak sesuai dengan jumlah. Saya yakin sudah dimusyawarahkan,” tutupnya. (fzy)