Beranda News Cellica Sebut, Pengendalian Penduduk untuk Cegah Ancaman

Cellica Sebut, Pengendalian Penduduk untuk Cegah Ancaman

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana dalam salah satu kesempatan wawancara menyebut, pengendalian penduduk adalah persoalan serius. Sebab, semua program dinas dan anggaran yang dikeluarkan pemkab Karawang bertumpu dari angka-angka pengedalian penduduk.
“Karena kalau pendidik tidak terkendali, rasanya program jadi tidak terarah sebab tidak bisa dimapping berapa jumlah penduduknya, siapa saja penduduknya, berapa perbandingannya,” kata Cellica.
“Kalau penduduk tidak terkendali pastinya kita akan terancam. Termasuk ya keamanan karena tidak termapping dengan sempurna,” ujarnya.
Dari pengendalian penduduk, Cellica bisa tahu kebutuhan masyarakat dan program yang bakal dikeluarkan pemerintah. “Saya harus ngapain, itu sudah terbayang dari program pengedalian penduduk,” katanya.
Dalam rangka mengendalikan penduduk, Pemkab Karawang juga akan membatasi jumlah penduduk masuk ke Karawang. “Kalau kita buka (tidak menahan laju penduduk yang masuk ke Karawang) dengan bebas nanti pembaginya makin besar. Khawatir nanti kebijakan tidak jalan, seperti contohnya kebijakan tentang tenaga kerja,” katanya.
Untuk membatasi laju pertumbuhan penduduk, Pemkab akan menempuh dua kebijakan. Pertama adalah mempopulerkan program KB (Keluarga Berencana) dua anak cukup. Kedua adalah dengan melakukan pembatasan migrasi.
“Orang tidak serta merta bisa masuk Karawang. Kalau kita tidak menjaga angka migrasi, rasa-rasanya nanti malah kebijakan pemerintah tidak menyentuh masyarakat Karawang itu sendiri,” tutupnya. (fzy)