Beranda Bekasi Damkar Kota Bekasi Gelar Simulasi Tanggap Bencana

Damkar Kota Bekasi Gelar Simulasi Tanggap Bencana

TVBERITA.CO.ID, KOTA BEKASI- Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Bekasi menggelar simulasi pelatihan tanggap bencana di RS Siloam Hospitals Bekasi Timur.

Kegiatan simulasi ini merupakan bagian dari upaya mempersiapkan diri menghadapi kejadian tak terduga dan meningkatkan ke waspadaan, kesiagaan, dan kesiapan bagi karyawan Rumah Sakit Siloam, Bekasi timur dalam menghadapi kebakaran.

K3 Kordinator RS Siloam Bekasi Timur, Christian Stefan, mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilakukan secara rutin untuk menumbuhkan kewaspadaan dan kesiapan Rumah Sakit dalam menghadapi Kebakaran.

“Di kegiatan ini juga kami melibatkan Dinas Damkar, Bidang Pencegahan Kota Bekasi. Ini dilakukan agar kita tahu dan mempelajari cara cepat dan tepat menghadapi bencana Kebakaran,” ucap Cristian Stefan, Kamis (14/11/2019).

Sementara itu, Komandan Kompi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Nasrudin mengungkapkan, bahwa, dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan dinyatakan bahwa tenaga kesehatan dalam menjalankan praktek memperoleh perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja.

Serta berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 6 tahun 2009 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran di Kota Bekasi pada Bab IV Bagian kedua Pasal 50, mewajibkan
untuk program pelatihan dan pencegahan pemadaman kebakaran secara berkala.

“Sudah banyak perusahaan dan Rumah Sakit yang melakukan kegiatan simulasi ini, termasuk RS Siloam Bekasi Timur, karena melakukan simulasi kebakaran dan evakuasi ini sangat penting, serta sebagai bentuk taat terhadap peraturan yang berlaku,” tandasnya. (ais/kie)