Beranda Karawang Dapur Umum di Tiap Desa, Sekretaris Apdesi: Masih Dibahas

Dapur Umum di Tiap Desa, Sekretaris Apdesi: Masih Dibahas

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – Wacana Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang yang akan mendirikan dapur umum di setiap desa, menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat. Salah satunya dari Sekretaris Apdesi (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Karawang, Alex Sukardi yang juga Kepala Desa Karya Mulya, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang.

Ketika dikonfirmasi awak media, Sabtu (2/5), mengenai wacana pemerintah kaitan dapur umum tersebut mengatakan jika wacana dapur umum ini masih dalam tahap pembahasan perencanaan belum sampai pembahasan teknisnya.

“Katanya memang wacana di setiap desa, tapi pemerintah baru siap berasnya saja. Sementara lauk pauknya, mungkin kepala desa,” jelasnya.

Disoal kaitan anggaran desa mana nanti yang akan dialokasikan untuk membeli lauk pauk, Lurah Alex mengaku belum tahu.

“Belum ada instruksi dari mana dari mana, Senin rencananya akan ada rapat kembali, mungkin pembahasan teknis,” ulasnya.

Pasalnya dikatakan Alek, Saat ini Pemerintah Daerah pun masih sedang mengumpulkan anggran untuk pendirian dapur umum tersebut.

“Sehingga belum jelas, untuk gerakan nasi bungkus ini,” ujarnya lagi.

Namun demikian, Alek menandaskan, apapun yang menjadi program pemerintah, pihaknya akan mengikuti demi kebaikan masyarakat desanya.

“Saya pribadi setuju, tapi kalau yang lain saya belum tahu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan pemerintah tengah mempersiapkan kebutuhan logistik, termasuk pangan bagi masyarakat saat pelaksanaan PSBB.

“Kami akan membuat dapur umum di tiap desa. Bahkan kalau memungkinkan di tiap RW,” kata Bupati usai rapat di Lantai 3 Gedung Singaperbangsa, Komplek Kantor Pemkab Karawang, Jumat (1/5/2020) kemarin sebagaimana dilansir Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang.

Bupati menyebut pihaknya telah mengumpulkan sejumlah pengusaha dan relawan untuk penyediaan dapur umum tersebut.

“Minimal saat masyarakat berbuka dan sahur disiapkan. Takjilnya juga disiapkan,” katanya. (nna/fzy)