Beranda Karawang Dari RDB ke Galeri Seni Budaya, Kini Rumah Dinas Mau Difungsikan sebagai...

Dari RDB ke Galeri Seni Budaya, Kini Rumah Dinas Mau Difungsikan sebagai Museum

TVBERITA.CO.ID –  Setelah dibiarkan kosong selama beberapa lama dan tidak difungsikan sebagai mestinya, akhirnya di tahun 2019 lalu Rumah Dinas Bupati (RDB) Karawang yang memiliki nilai historis tersebut direnovasi menjadi sebuah rumah galeri seni dan budaya.

Akan tetapi kemudian, meski RDB ini sudah beralih fungsi menjadi rumah galeri, tetap saja belum difungsikan dengan baik oleh pemerintah daerah.

Dari pantauan TV Berita di lapangan, bangunan tersebut tetap saja kosong dan sepi, hanya sesekali digunakan untuk kegiatan pemerintahan. Dan di tengah pandemi Corona ini beberapa kali juga menjadi tempat drive thru kegiatan Rapid Test.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang, Yudi Yudiawan, mengatakan rumah galeri yang dibangun menggunakan anggaran APBD Kabupaten Karawang sebesar kurang lebih Rp 2,5 miliar ini di tahun 2021 mendatang akan dijadikan sebuah museum purbakala peninggalan leluhur dan sejarah Karawang.

“Galeri ini nanti akan dipakai untuk museum, karena Karawang sendiri memiliki banyak situs purbakala,” kata Yudi mengungkapkan.

Lebih lanjut Yudi mengungkapkan termasuk situs sejarah purbakala Karawang yang ada di Kabupaten Cirebon, beberapa akan ditaruh di museum RDB nantinya.

“Dari kita juga ada, kayak patilasan, huruf-huruf jawa, dan yang dari Cirebon, termasuk juga artefak-artefak yang ada di museum Candi Jiwa Batujaya, akan kita pindahkan yang asli ke museum dan replikanya di sana,” ulasnya saat ditemui di Gedung Plaza Pemda Karawang, Kamis (9/7).

Disoal TV Berita, berapa besar anggaran yang disediakan untuk museum RDB ini, Yudi hanya menjawab belum mengetahui, karena baru diwacanakan untuk direalisasikan di tahun 2021 mendatang.

“Untuk anggaran belum, karena kita masih sedang mewacanakan, mudah-mudahan dapat terealisasi di tahun 2021,” pungkasnya. (nna/fzy)