Beranda Karawang Dewan Minta Rolling Hills Rampungkan Perizinan

Dewan Minta Rolling Hills Rampungkan Perizinan

TVBERITA.CO.ID – Komisi I DPRD Karawang bersama sejumlah ormas dan perwakilan dari OPD menggelar rapat dengar pendapat (RDP) membahas pembangunan proyek properti Rolling Hills di Karawang Jawa Barat Industri Estate, kemarin (4/8).

Pada intinya poin dari hasil rapat dengar pendapat itu meminta pihak pengembang menunda aktivitas pembangunan sebelum seluruh dokumen perizinan yang saat ini sedang diurus oleh pihak KJIE, rampung dibereskan, atau komplit dikantongi.

Terlebih, kata Danu, Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Karawang juga sudah menyarankan hal yang serupa. “Pak Sekda sebelumnya memutuskan untuk menghentikan sementara pembanguanan perumahan,” kata Danu kepada awak media.

Selain soal itu perizinan, pada rapat ini dibahas juga dampak lingkungan ke Kali Kalapa yang mengalir di sisi utara proyek pembanguann perumahan Rolling Hills. Selain Rolling Hills, diketahui ada setidaknya empat kawasan lain yang juga herus ikut urun rembug menyepakati mengatasi potensi masalah lingkungan ke Kali Kalapa.

Namun hasil rapat itu, Danu menyebutkan, lima kawasan termasuk PT KJIE yang berada di sekitar aliran air Kali Cikalapa bersepakat akan melakukan normalisasi Kali Kalapa.

“Kemudian dari mereka dari 5 kawasan di sana sepakat untuk menyelesaikan kaitan kondisi Kali Cikalapa dengan normalisasi dan penuravan,” tutur dia.

Di saat yang sama, DPRD Karawang, kata Danu, secara khusus meminta Pemkab Karawang segra membuat kajian khusus atas seluruh proyek pembangunan yang ada di Karawang, bukan hanya Rolling Hills agar dapat memetakan secara terperinci dampak yang ditimbulkan dengan adanya pembangunan itu, baik berupa dampak lingkungan maupun ekonomi dan sosial.

“Kami mendorong Pemkab untuk mengkaji secara komperhensif konidisi Kabupaten Karawang, bukan saja karena ada Rolling Hills,” tukasnya. (ris)