Beranda Karawang Dewan Taufik Sebut Perda Nomor 3 Tahun 1995 Sudah Tidak Lagi Sesuai

Dewan Taufik Sebut Perda Nomor 3 Tahun 1995 Sudah Tidak Lagi Sesuai

TVBERITA.CO.ID –¬†Ketua panitia khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penataan Garis Sempadan, Taufik Ismail menyebut Peraturan daerah (Perda) Kabupaten Karawang nomor 3 tahun 1995 tentang Garis Sempadan sudah tidak sesuai dengan perkembangan keadaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga perlu diganti.

“Ini kan tahun 1995, kan sudah tidak aktual lagi. Sekarang ini sudah 25 tahun usia Perda ini,” ucapnya.

Menurut Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini, Raperda ini atas inisiatif dari Eksekutif melalui dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang.

“Dalam Perda itu ada garis padan sungai, garis padan jalan. Jalannya juga nanti terbagi-bagi, juga ada garis padan pantai dan waduk. Yang artinya pembuatan-pembuatan bangunan dibahu jalan berapa meter ditentukan,” ucapnya.

Lanjut Pipik, pihaknya usai melakukan kunker study banding ke Yogyakarta, Cirebon, dan Indramayu, 2 Kabupaten dalam provinsi dan satu kabupaten luar provinsi. Pasalnya kunker tersebut merupakan bagian dari mekanisme untuk merubah Perda.

“Ketika kita ingin merubah Perda badan legislasi study banding ke Yogyakarta karena mereka punya Perda terbaru. Daerah-daerah lain sudah punya perda terbaru ada yang 2016,” ujarnya.

Sementara di kita tahun 1995. Sudah harus diperbaiki dan diupdate lagi. Nanti kita ada pembahasan-pembahasan lagi. gali lagi dan gali lagi untuk membedah Perda, pembahasan bisa sampai setahun ya seperti itu. Semoga raperda ini bisa berjalan baik pembahasannya, dan bisa terbit sebagai Perda, untuk Karawang lebih baik,” pungkasnya. (ris/fzy)