Beranda Headline Disdikpora Karawang: Kerugian Akibat Banjir Capai 2,1 Miliar

Disdikpora Karawang: Kerugian Akibat Banjir Capai 2,1 Miliar

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Hujan yang terus mengguyur Karawang dan sekitar nya hampir sepekan mengakibatkan Puluhan gedung sekolah di Karawang terendam. Kerugian ditaksir mencapai 2,1 Miliar.

Banjir yang melanda Karawang di tahun 2020 ini merupakan banjir yang terparah, ada sekitar 14 Kecamatan yang terdampak banjir. Selain pemukiman warga, gedung-gedung sekolah pun ikut terendam mengakibatkan terganggu nya aktivitas belajar para sisiwa, selain itu fasilitas-fasilitas sekolah pun banyak yang mengalai kerusakan.

Kabid Pendidikan Dasar Disdikpora Karawang, Yani mengungkapkan ada puluhan gedung sekolah yang terendam banjir dan aktivitas belajar para siswa pun lumpuh total.

“Ini menurut saya merupakan banjir terparah dibadingkan dengan musim hujan tahun lalu, ada 51 gedung sekolah dasar dan 5 gedung SMP yang terendam dan fasilitas-fasilitasnya pun rusak,” kata Yani.

“Kerugian akibat banjir ini sangat besar sekali, terutama mobeler-mobeler seperti meja, kursi yang sudah lama terendam banjir akhirnya ambruk, rusak. Kerugian nya mencapai 2.163.500.000 ini data kerugian dari Disdikpora saja. inipun kita baru hitung cepat, seperti buku-buku yang rusak khususnya di Karangligar yang paling parah, belum kedata semua jumlah kerusakannya”, tambahnya

Saat ditanya mengenai penanganan fasilitas yang rusak, pihak Disdikpora pun mengungkapkan bahwa untuk bantuan mobeler itu akan ada bantuan.

“Untuk bantuan mobeler sih ada bantuan, melihat sekarang seperti ini kita akan prioritaskan yang kena banjir dulu, mobeler bantuanya baru turun april, tapi kita upayakan untuk bantuan mobeler dipercepat,” pungkasnya.

“Mudah-mudahan kita segera pulih, dan Pemerintah juga sudah mulai merapihkan saluran-saluran air, dan kita juga harus bisa menjaga kebersihan tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai, seperti sekolahan di Dengklok itu banjir karena saluran air di dekat itu mampet,” tutupnya. (ddi/kie)