Beranda News Disporaparbud Galakkan Warisan Budaya Tak Benda

Disporaparbud Galakkan Warisan Budaya Tak Benda

PURWAKARTA-Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Disporaparbud Kebupaten Purwakarta melalui Bidang Kebudayaan belakangan ini menggalakkan Warisan Budaya Tak Benda di Purwakarta.

Salah satunya Sate Maranggi dan Kesenian Domyak yang lebih dikenal dengan kesenian Buncis, yang berasal dari Desa Pasir Angin Kecamatan Darangdan yang memiliki makna filosofi dalam budaya masyarakat Purwakarta.

“Kalau Sate Maranggi yang berasal dari Purwakarta dan asli dari Purwakarta sudah diakui Kemendikbud,”ujar Kabid Kebudayaan Disporaparbud Purwakarta Didin Ibrahim Mulyana Senin (14/3)

“Selain itu yang sedang kita galak kan pelestarian dan mendorong untuk tetap dijaga dan dikembangkan adalah kesenian Domyak yang merupakan kesenian dan budaya masyarakat Purwakarta,”jelasnya.

“Kesenian Domyak ini memiliki makna filosofi budaya, karena intinya dalam gelaran nya ritual untuk memanggil hujan dan sudah ada sejak tahun 1920, dan pernah dipentaskan di Monas, hasilnya turun hujan,”ungkapnya.

“Untuk menjaga tradisi ini, kami berupaya tetap melestarikan dan ada regenerasi, karena dalam gelarannya sendiri melibatkan sekitar 20-25 orang dengan menggunakan alat musik tradisional,”tegasnya.

“Ditahun 2022 ini yang juga sedang kita galakkan adalah Seni Ibing yang berasal dari Plered Purwakarta, yang sudah diakui di Propinsi Jabar, dan kita akan mendorong hingga ke Kemendibud,”paparnya.

“Selain itu kita juga sedang melakukan pemeliharaan makam para sesepuh dan pencipta kesenian Ibing ini, yang berada di Sukatani,”ujarnya.

“Ada tiga tokoh dalam perjalanan kesenian Ibing di Purwakarta, Abu Kodim, Raden Mangku dan Raden Tisna, dan makamnya yang sudah tidak layak akan kita perbaiki agar kondisnya lebih baik sehingga generasi muda bisa mengenal sejarah seni ini,”pungkasnya (trg)

Artikel sebelumnyaDiantar Relawan, Anggi Resmi Daftar Bacaleg DPRD Karawang
Artikel selanjutnyaBerbekal Restu Orangtua dan Kiai, Rizka Resmi Jadi Bacaleg PKB Karawang