Beranda News Dosen Farmasi UBP Karawang Sosialisasikan Cegah dan Obati Diabetes

Dosen Farmasi UBP Karawang Sosialisasikan Cegah dan Obati Diabetes

KARAWANG- Sebagai implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi, Dosen Prodi Farmasi UBP Karawang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK Farmasi Kabupaten Purwakarta.

Untuk diketahui, kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut mengusung tema “Terapi Diabetes Mellitus dari Berbagai Sudut Pandang”, dengan 7 Dosen Farmasi sebagai narasumber, hadir juga untuk memberi sambutan Dekan Fakultas Farmasi Universitas Buana Perjuangan Karawang, apt. Neni Sri Gunarti, M.Si, Kaprodi S1 Farmasi UBP Karawang, apt. Anggun Hari Kusumawati, M.Si, dan para dosen yang lainnya.

Sebagai perwakilan SMK Farmasi Purwakarta hadir Waka Kesiswaan, Cecep Setia Rachman, S.Pd dan Waka Kurikulum, apt. Hilda Yuliani Saputri, S. Farm dan 30 siswa-siswi SMK Farmasi Purwakarta.

Siswa menyambut dengan antusias pengabdian masyarakat para Dosen farmasi ini, ditunjukan dengan berbagai pertanyaan yang disampaikan dan diberikan nya reward berupa doorprice.

Baca Juga: Kembali Dilantik Jadi Rektor, Ini Tekad Prof Dedi Mulyadi untuk Kemajuan UBP Karawang

Dekan Fakultas Farmasi UBP Karawang, apt. Neni Sri Gunarti, M.Si dalam sambutannya mengatakan Farmasi di UBP Karawang memiliki 4 Rumpun Bidang Keilmuan .

“Ada Farmakokimia bagaimana cara menguji obat, menguji kualitas obat, Farmakologi dan Farmasi Klinik bagaimana cara pengujian khasiat melalui hewan uji maupun manusia, kemudian ada Biologi Farmasi, dan ada juga Tekhnologi Sediaan Farmasi,” kata apt Neni, Rabu, (6/4/2022)

apt. Neni juga menambahkan digelarnya kegiatan ini dapat memberikan persepektif atau sudut pandang baru tentang ke farmasian.

Baca Juga: Gelar Webinar Ekonomi Kreatif, Ini Pesan Rektor UBP Karawang untuk Mahasiswa

“Ini merupakan perspektif dalam berbagai sudut pandang keilmuan kefarmasian dan keilmuan kefarmasian itu harusnya menambah keilmuan siswa- siswi, untuk berniat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, tentu itu akan didalami diperguruan tinggi,” ujarnya

apt. Neni juga berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru tentang ilmu ke Farmasian yang belum di bahas di sekolah.

“Semoga acara ini bisa cukup memberikan gambaran khususnya tentang farmasi UBP Karawang, mudah-mudahan suatu saat anda bisa datang mampir ke kampus kami, terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan acara ini,” pungkasnya.

Adapun ke 7 dosen Farmasi yang menjadi narasumber yaitu
1. apt. Dedy Prianto, S.Far., MM menyampaikan materi Famakoekonomi Obat Diabetes Melitus
2. apt. Maya Arfania, S.Farm., M.Sc menyampaikan materi Edukasi Pentingnya Kepatuhan Minum Obat dalam Keberhasilan Terapi Obat Diabetes Melitus.
3. apt. Himyatul Hidayah, S.Si, menyampaikan materi Famakokimia Obat Diabetes Melitus
4. Ermi Abriyani, S.Si., M.Si menyampaikan materi Famakokimia Obat Diabetes Melitus
5. apt. Maulana Yusuf Alkandahri, S.Farm., M.Farm menyampaikan materi Pemanfaatan Tumbuhan Cep-cepan (Castanopsis costata) sebagai terapi Adjuvan Diabetes Melitus
6. apt. Lina Aliyani Mardiana, S.Si., M.Farm menyampaikan materi Nutrasetikal untuk Terapi Diabetes Melitus
7. apt. Surya Amal, S.Si., M.Kes menyampaikan materi Pemantauan Diabetes Melitus dengan Biokimia Klinis