Beranda News Dosen PBI FKIP Unsika Gagas Lesson Study ke Guru SMK Bhinneka

Dosen PBI FKIP Unsika Gagas Lesson Study ke Guru SMK Bhinneka

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) melaksanakan amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menggagas lesson study ke guru-guru di SMK Bhinneka Karawang.

Lesson study adalah model pembinaan atau pelatihan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.

Dosen Fauzi Miftakh, S.Pd., M.Pd bersama tim dosen lainnya yang terdiri dari Indah Purnama Dewi, S.Pd., M.Pd, dan Kelik Wachyudi, SS., M.Hum menggagas pelatihan bertema “Lesson Study for Learning Community.”

“Guru menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan di sekolah untuk mencetak lulusan terbaik. Hal ini dikarenakan guru secara langsung memberikan pembelajaran kepada siswa, mentransfer ilmu pengetahuan bahkan keterampilan dengan pemberian materi pelajaran, mengatur pembelajaran dan lain sebagainya. Salah satu aktivitas dalam ruang lingkup pendidikan yang biasa diterapkan untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah Lesson study,” kata Fauzi panjang lebar diamini oleh Indah dan Wachyudi.

Pelatihan ini dilaksanakan pada 31 Agustus 2019 lalu. Targetnya, kata Indah, program ini memberikan dampak signifikan dalam pembelajaran. “Dengan adanya perubahan pembelajaran diharapkan kualitas siswa akan meningkat. Siswa akan memiliki kualitas berfikir kritis, kolaborasi, kreativitas, dan komunikasi yang baik sehingga lulusan sekolah dapat bersaing di masyarakat dan dunia kerja.”

Menambahkan, Kelik Wachyudi menuturkan, lesson study sangat penting agar bisa dilaksanakan di sekolah, mengingat akan memberikan banyak dampak positif karena guru masih memerlukan pengembangan keprofesionalannya. Salah satunya keprofesionalan dalam pembelajaran.

“Sehingga dengan adanya program lesson study for learning community ini maka sangat terbantu dalam mengembangkan profesionalisme untuk guru-guru di SMK Bhinneka Karawang,” pungkas Wachyudi. (fzy)