Beranda News DPMD Tegaskan, BLT Dana Desa Uang Tunai

DPMD Tegaskan, BLT Dana Desa Uang Tunai

TVBERITA.CO.ID, PURWAKARTA – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo menegaskan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa yang disalurkan kepada masyarakat terdampak wabah virus Covid-19 berupa uang tunai dan tidak bisa diubah.

“Sesuai aturan dari Kemendes PDTT, BLT Dana Desa itu berupa uang tunai bukan sembako. Jika disalurkan dalam bentuk lain jelas salah,” jelas Kepala DPMD Purwakarta Jaya Pranolo di ruang kerjanya, Selasa (12/5).

BLT dari dana desa diberikan kepada penerima yang telah diverifikasi oleh desa melalui Musdes dan berhak menerima sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan berturut-turut. Sehingga total yang akan diberikan selama tiga bulan berjumlah Rp 1,8 juta.

“BLT diberikan untuk warga miskin di desa yang belum mendapatkan program bantuan pemerintah sebelumnya seperti PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Prakerja,” ujarnya.

Di Purwakarta, penerima BLT Dana Desa sebanyak 26.169 Kepala Keluarga. Untuk tahap pertama, BLT Dana Desa sudah disalurkan kepada penerima di 183 Desa di Purwakarta sesuai laporan yang diterima pihak DPMD.

“Desa harus melakukan tahapan pendataan melalui aparat desa RT, RW, dan desa. Kemudian data ini divalidasi melalui musyawarah desa khusus, setelah itu ditandatangani oleh Bupati atau Camat,” katanya.

Terkait adanya informasi BLT Dana Desa yang diganti dengan sembako di salah satu desa di Kecamatan Sukatani, Jaya mengaku akan melakukan koordinasi dengan Camat Sukatani dan Kepala Desa yang dimaksud.

“Nanti kita akan melakukan koordinasi dengan Camat dan Kades setempat. Kalau terbukti BLT Dana Desa yang diterima warga dalam bentuk sembako jelas itu salah,” pungkasnya. (trg/fzy)