Beranda News DPRD Sorot Turunnya Nilai Investasi Sepanjang 2020

DPRD Sorot Turunnya Nilai Investasi Sepanjang 2020

TVBERITA.CO.ID – Komisi I DPRD Kabupaten Karawang menyoroti turunnya nilai investasi di Kabupaten Karawang sepanjang tahun 2020 ini.

Dari biasanya Rp 24 triliun per tahun namun karena dampak pandemi Covid-19 yang mewabah sejak bulan Maret lalu, investasi menurun drastis hingga Rp 7 triliun.

“Bahkan kata kepala dinasnya dari Rp 7 triliun ini bisa turun lagi, karena pandemi ini berdampak sekali kepada perusahaan,” kata Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Karawang, Dedi Indra Setiawan mengungkapkan.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk tahun 2021 mendatang, pihaknya tetap optimis investasi akan bangkit kembali. Terlebih jika pandemi Covid-19 ini cepat berlalu.

“Semoga vaksin cepat ditemukan, sehingga kita bisa melakukan pemulihan ekonomi kembali,” harapnya.

Dedi juga berharap Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS) Kabupaten Karawang memiliki strategi dan terobosan baru, agar investasi tidak semakin terpuruk. Ia mengaku optimis di tahun 2021 investasi Kabupaten Karawang akan naik kembali.

“Kami mendorong agar segala proses perizinan dipermudah, mudahkanlah investasi di Karawang karena kita punya semua unsur,” ungkapnya.

“Kelebihan kabupaten Karawang itu sumber daya airnya kuat, fasilitas listriknya bagus. Karawang terletak diantara 2 pelabuhan Tanjung Priuk dan Patimban, apalagi jika rencana lapangan terbang jadi dan kereta cepat jadi ini tentu menjadi sesuatu yang menarik. Dan kekurangan kita adalah UMR kita paling tinggi,” paparnya.

Namun demikian, di tengah pandemi Covid-19 ini, Dedi memaparkan target Pendapatan Asli Daerah di DPMPTSP masih tercapai.

“Tahun ini Target PAD DPMPTSP Rp 13 miliar, tahun berikutnya Rp 17 miliar, capaian target PAD khususnya di DPMPTSP cukup bagus juga, Jika pun ada penurunan wajar karena pandemi,” pungkasnya. (nna/fzy)