Beranda Headline DPRD ‘Warning’ Program Karawang Cerdas, Disdik Siap-siap Dipanggil

DPRD ‘Warning’ Program Karawang Cerdas, Disdik Siap-siap Dipanggil

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID– Anggota DPRD Kabupaten Karawang Fraksi Partai Gerindra, Endang Sodikin, mengaku tidak tahu jika Beasiswa Karawang Cerdas diperuntukkan juga untuk jalur Pegawai Negeri Sipil (PNS).

 

Endang yang pada periode lalu duduk sebagai Wakil Ketua Komisi IV yang membidangi pendidikan mengungkapkan, jika Beasiswa Karawang Cerdas untuk perguruan tinggi hanya ada dua jalur, yakni jalur keluarga tidak mampu dan berprestasi.

“Kami tidak mengetahui jika ada jalur PNS, nanti setelah terbentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) kami akan memanggil Dinas Pendidikan untuk melakukan ekspose dan menjelaskan kepada kami terkait teknisnya beasiswa Karawang cerdas ini seperti apa,” kata Endang.

Dikatakan Endang, pihaknya akan mempertanyakan jalur PNS ini apakah konteksnya Pegawai Negeri Sipil dalam rangka meningkatkan kompetensi guru atau seperti apa.

“Kami akan pertanyakan beasiswa jalur PNS ini urgensinya apa, dan berapa kuota yang dikasih. Apa alasannya ini kami tidak mengetahui dan akan kami pertanyakan,” imbuhnya.

Endang pun mengeluhkan, jika selama ini eksekutif tidak pernah melakukan ekspose bersama anggota dewan bidang terkait program kerja yang mereka (eksekutif) miliki.

Menurut Endang entah apa alasannya, setiap program kegiatan pemerintahan daerah yang bersinggungan langsung dengan masyarakat pihaknya tidak pernah diberitahu secara teknis seperti apa.

“Contohnya, program Beasiswa Karawang Cerdas ini tidak pernah ekspose dengan kami, mereka hanya mengatakan ada program beasiswa, namun mekanismenya seperti apa, kami tidak tahu, kalau sudah ramai di masyarakat baru kami tahu,” ujarnya lagi menyayangkan.

Jelas sekali, lanjutnya lagi, eksekutif selalu mempertontonkan ketidaksinergisannya dengan legislatif.

Endang juga menjelaskan, program beasiswa Karawang Cerdas ini sudah berjalan dua tahun, yaitu tahun 2018 dan 2019.

Namun di tahun 2018, Beasiswa Karawang Cerdas ini hanya terserap 50 persen dari anggaran Rp 5 Miliar yang disediakan. Ketidaksiapan administrasi menjadi alaaan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Karawang saat itu.

Dan ditahun 2019 ini, Pemkab kembali menggelontorkan anggaran sebesar Rp 8 Miliar. Sehingga total anggaran Beasiswa Karawang Cerdas ini mencapai 13 miliar.

Endang yang saat ini duduk sebagai unsur pimpinan sementara DPRD, berharap anggaran ini akan dapat terserap seluruhannya karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Karena semangat kita adalah untuk masyarakat, kami akan panggil Disdik nanti untuk lebih jelasnya lagi setelah AKD terbentuk,” pungkasnya. (nna/kie)