Beranda Ekonomi Cerita Sukses Dedeh Teja, Mendulang Rupiah dari Usaha Badut

Cerita Sukses Dedeh Teja, Mendulang Rupiah dari Usaha Badut

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Kalangan milenial yang gemar berswafoto membuat Dedeh Teja menangkap peluang usaha yang sangat menjanjikan. Bermodal Rp 3 juta, Dedeh membeli dua kostum, badut dan robot.

 

Kostum tersebut kemudian dikomersilkan di berbagai acara, dan berhasil menarik minat banyak warga untuk berswafoto. Dua tahun kemudian, Dedeh kini memiliki 20 kostum, dan usahanya itu terus berkembang.

“Ide ini datang tidak sengaja, saat di Bandung. Saya melihat sekumpulan orang mengenakan kostum berbagai karakter kartun. Kerjanya mengumbar kebahagiaan, dan rezeki penghasilannya dengan menjadi teman swafoto cukup lumayan. Saya beli dua kostum waktu itu, dan mulai merintis usaha ini,” tutur Dedeh, warga Cikampek, Karawang, Kamis (4/4).

Dedeh kemudian mempublikasikan usahanya tersebut di berbagai media sosial dan ke kalangan komunitas. Tidak jarang Dedeh menerima pekerjaan untuk meramaikan pesta ulang tahun atau pernikahan. Jika sedang sepi orderan, Dedeh memilih untuk kongkow-kongkow di berbagai pusat keramaian, seperti taman, pusat perbelanjaan atau objek wisata.

Dedeh tidak menarip harga untuk warga yang ingin berswafoto, alias seiklasnya. Dedeh juga mempekerjakan teman dan saudaranya untuk mengenakan berbagai kostum tersebut.

“Pertama beli dua kostum, tiga bulan kemudian terkumpul uang dan bisa membeli dua kostum lagi. Kini setelah dua tahun, kostum yang saya punya ada 20. Banyak teman dan saudara yang menjadi ikut kerja dengan saya,” tuturnya.

Usahanya tersebut tidak selalu dikomersilkan. Dedeh beberapa kali mengunjungi korban bencana untuk menghibur anak-anak terdampak bencana dengan kostum kartun yang familiar di kalangan anak-anak. Dedeh bahkan mendonasikan hasil pendapatan swafoto untuk korban bencana. Usahanya itu didedikasikan untuk menebar kebagiaan.(KB)