Beranda Ekonomi Keren, Telur Asin Asli Karawang Tembus Pasar Amerika

Keren, Telur Asin Asli Karawang Tembus Pasar Amerika

KARAWANG– Perkembangan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Karawang nampaknya terus menggeliat ke arah yang positif. Pasalnya telur asin produksi asli Karawang tembus ke pasar mancanegara.

Hal itu diungkapkan oleh kepala Bidang Promosi dan Pengembangan Kerjasama Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang, Ahmad Rifai saat ditemui di ruangannya, Kamis (27/1/2022).

Ahmad juga mengungkapkan telur asin Pak Ruli yang diproduksi di Tunggak Jati Karawang tersebut sudah terkenal sejak lama, bukan hanya di Jawa Barat bahkan di Indonesia.

Kepala Bidang Promosi dan Pengembangan Kerjasama Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang, Ahmad Rifai.

“Sudah terkenal sejak lama memang, Pak Ruli bersama istrinya memang pengusaha yang tekun dan ulet. Ia juga bercerita perjuangannya mengekspor telur asin yang membutuhkan waktu cukup lama agar bisa diterima di pasar mancanegara, bahkan sempat telor asin yang mau ia kirim dikembalikan lagi,” jelasnya.

ABaca juga: Disperindag Karawang Sidak Harga Minyak Goreng, Ini Hasilnya

Lebih lanjut ia mengatakan, telur asin Pak Ruli ini telah tembus ke beberapa negara di asia maupun benua merah. “Produknya sudah masuk ke Malaysia, Singapura, Arab Saudi bahkan Amerika Serikat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan telur asin yang diekspor ke luar negeri bukanlah telur asin yang sudah matang atau direbus tetapi telur asin mentah.

“Jadi yang diekspor ke luar negeri itu telur asin mentahnya masih pake abu gosok, belum direbus, dan orang sana itu telurnya bukan untuk dimakan seperti kita, tetapi diambil kuning telurnya kemudian diolah jadi bumbu penyedap masakan,” katanya lagi.

Ia juga berharap IKM di Kabupaten Karawang terus menggeliat dan bisa tembus ke pasar mancanegara lagi.

“Selain telur asin, kita masih memiliki olahan rumput laut yang dijadikan mie, kemudian ada pindang bandeng. Semoga saja dapat menyusul tembus ke mancanegara,” pungkasnya. (ddi/kii)

Artikel sebelumnyaDidukung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Banyusari Kini Jadi Kawasan Kampung Pindang
Artikel selanjutnyaCatat, Ini Bansos yang Terus Bergulir di Tahun 2022