Beranda Karawang Farmasi UBP Seminar Daring Terapi Penyakit Diabetes Mellitus

Farmasi UBP Seminar Daring Terapi Penyakit Diabetes Mellitus

TVBERITA –¬†Diabetes mellitus merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh gagalnya organ pankreas memproduksi jumlah hormon insulin secara memadai sehingga menyebabkan peningkatan kadar glukosa dalam darah. Diabetes Mellitus di Indonesia masih terbilang tinggi. Kurangnya kesadaran akan penyakit ini membuat masyarakat kerap menyepelekan diabetes. Padahal jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini bisa berakibat fatal karena adanya komplikasi.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 prevalensi masyarakat yang mengalami diabetes mellitus diperkirakan sebesar 10,9 persen. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan terapi diabetes mellitus sangat banyak, salah satunya kepatuhan. Kepatuhan adalah istilah yang menggambarkan penggunaan obat sesuai dengan petunjuk mencakup waktu dan pembatasan makanan yang berlaku. Dalam upaya mencegah timbulnya komplikasi pada penderita diabetes mellitis perlu adanya pengendalian diabetes yang baik dengan cara menjaga kadar gula darah mendekati normal atau dalam kisaran normal, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah patuh dalam menjalankan terapi diet. Keberhasilan diabetes mellitus tidak lepas dari peran pelayanan kesehatan yang maksimal dan juga peran Kolaborasi Interprofessional yang mendukung.

Fakultas Farmasi Universitas Buana Perjuangan Karawang, telah melaksanakan Kuliah Umum 2020 dengan tema “Peran Kolaborasi Interprofessional Kesehatan Dalam Keberhasilan Terapi Penyakit Diabetes Mellitus” pada Sabtu, 19 Desember 2020 yang dimulai pukul 08.00 WIB -11.47 WIB secara daring melalui zoom meeting, dengan jumlah semua peserta 120 yang di ikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Acara Kuliah Umum ini diadakan oleh farmasi angkatan tahun 2019 dimana adalah untuk menambah ilmu atau wawasan pengetahuan secara umum khususnya dibidang kesehatan dalam keberhasilan terapi penyakit diabetes mellitus dalam salah satu mata kuliah yaitu Pharmaceutical Care.

Dalam kuliah umum ini diambil dari berbagai narasumber yang dihadiri oleh berbagai profesi serta bidang yang kompeten untuk mencapai kesehatan pasien yang maksimal dengan cara melakukan peran kolaborasi yang baik dan maksimal agar mendapatkan hasil kesehatan yang maksimal.
Acara ini diisi oleh narasumber yang luar biasa dan kompeten di bidangnya, yaitu:
Ahmad Yani S.Gz., M.KM. Rd ( Ketua Stikes Holistik, Dosen Prodi Gizi STIKes Holistik)
Wina Lova Riza , M.Psi ( Dosen Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang )
Apt. Himyatul Hidayah S.Si., M.Farm.Klin ( Dosen Fakultas Universitas Buana Perjuangan Karawang )
Selama acara berlangsung peserta sangat antusias dan ikut berperan aktif. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan ketika waktu sesi diskusi .Peserta pun menyampaikan dalam forum kuliah umum yang diadakan secara daring ini itu bersifat sangat bermanfaat untuk mahasiswa sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Dekan Fakultas Farmasi Ibu apt. Neni Sri Gunarti, M.Si dalam sambutan mengatakan acara ini sangat baik dan setiap angkatan mempunyai antusias tinggi untuk mengadakan acara-acara seperti ini khususnya kuliah umum yang sifatnya bermanfaat banyak bagi mahasiswa dan masyarakat banyak dan juga sebagai salah satu eksistensi.Semoga dengan adanya Kuliah Umum ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.