Beranda Karawang Fasilitas Baru RS Lira Medika: Radiologi Intervensi

Fasilitas Baru RS Lira Medika: Radiologi Intervensi

TVBERITA.CO.ID – Perkembangan ilmu kesehatan (kedokteran) di zaman sekarang ini bertumbuh semakin cepat dari hari ke hari, bulan ke bulan hingga ke tahun kedepannya.

Meningkatnya ilmu kesehatan (kedokteran) yang semakin cepat ini salah satunya dibagian bidang Radiologi yaitu dengan adanya sub spesialis radiologi intervensi.

Rumah Sakit (RS) Lira Medika yang berlokasi di Jl. Syechquro No 14 Palumbonsari Karawang sudah bisa melakukan pengobatan dengan tindakan radiologi intervensi. Salah satu bentuk tindakannya adalah DSA (Digital Subtraction Angiography) dan embolisasi.

Hal itu disampaikan Aditya selaku humas Rumah Sakit Lira Medika kepada tim redaksi beberapa hari lalu tentang apa yang ditawarkan oleh RS Lira Medika dalam memenuhi kebutuhan fasilitas kesehatan di Kabupaten Karawang ini.

Dan disampaikan oleh Aditya lebih lanjut, radiologi intervensi ini adalah salah satu layanan unggulannya, karena di kota Karawang belum ada rumah sakit yang memiliki layanan radilogi intervensi.

“Dengan teknologi radiologi intervensi yang canggih ini, dokter bisa melakukan pengobatan dengan minimal invasive. Artinya minim sayatan. Teknologi semakin maju, makin terarah sehingga pengobatan semakin tepat dan penyembuhannya pun semakin cepat, salah satu tindakannya adalah DSA (digital subtraction Angiography)” kata Aditya.

DSA yang merupakan salah satu varian dari radiologi intervensi bisa dilakukan di RS Lira Medika. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Spesialis Radiologi Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto yakni Digital Substraction Angiografi Modified Terawan. Di RS Lira Medika sendiri sudah banyak pasien ditangani dan merasakan manfaatnya.

“Kalau disana jelas pasiennya sudah banyak, ribuan orang dan lebih banyak pasien dengan gangguan pembuluh darah diotak baik yang kasus baru maupun lama. Cara kerjanya dilakukan katerisasi sampai pembuluh yang menuju otak, kemudian disemproti obat. Dengan demikian pembuluh darah menjadi bersih dan sirkulasi darah di otak jadi lancar. Sehingga regenerasi dari cel-cel otak itu menjadi lebih cepat,” jelasnya lagi.

Aditya juga menyampaikan bahwa layanan kesehatan dengan teknologi canggih kini semakin dekat dengan masyarakat. Pelayanan dan fasilitas yang RS Lira Medika miliki cukup lengkap.

“Warga Karawang bisa memanfaatkan metode DSA ini tanpa harus jauh-jauh ke kota besar untuk mengantri lama bersama ribuan pasien lainnya. RS Lira sudah punya teknologinya, sudah ada dokter spesialis radiologi intervensinya, nanti kami bisa bantu membuat janji konsultasi dengan dokter yang menanganinya,” ujarnya.

Kecanggihan Radiologi Intervensi
Radiologi intervensi sub-spesialisasi radiologi yang memanfaatkan prosedur minimal invasif untuk melakukan diagnosis dan terapi pada hampir semua organ tubuh dengan menggunakan panduan gambar / foto yang dihasilkan dari alat-alat radiologi (Flouroskopi/cathlab).

Pemeriksaan radiologi intervensi sering terlibat dalam penanganan penyakit seperti kanker atau tumor, penyumbatan di pembuluh darah arteri dan vena, fibroid di rahim, nyeri punggung, penyakit hati dan ginjal, kelainan paru-paru, gangguan sistem saluran kemih dan saluran cerna, hingga masalah pada otak seperti stroke.

Sedangkan untuk Prosedur yang dilakukan oleh radiologi intervensi meliputi angiografi dan pemasangan ring (stenting) pada pembuluh darah, embolisasi untuk mengontrol pendarahan, ablasi tumor, biopsi jarum halus pada organ tertentu, biopsi payudara, penempatan selang makan (NGT atau pipa nasogastrik), hingga pemasangan kateter akses vena. (Nna/fzy)