Beranda Bekasi Gerakan Seribu APD Face Shield, ITKJ Peduli Tenaga Medis

Gerakan Seribu APD Face Shield, ITKJ Peduli Tenaga Medis

TVBERITA.CO.ID, DAERAH – Saat ini para tenaga medis menjadi garda terdepan dalam menangani wabah Covid-19. Sebagai upaya menghindari penularannya, alat pelindung diri (APD) sangat diperlukan, megingat para tenaga medis termasuk yang lebih rentan tertular. APD yang dapat melindungi wajah selain masker adalah face shield. Institut Teknologi dan Kesehatan Jakarta (ITKJ) yang berada di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi LLDIKTI Wilayah III mengadakan program peduli COVID-19 bertemakan “Gerakan 1.000 APD Face Shield”.

Rektor ITKJ, Prof. Dr. Eddy Yusuf, menyatakan, sangat gembira bisa berkontribusi kepada para tenaga medis dalam penanganan pandemik covid-19 ini. Ia mengucapkan terima kasih kepada Dr Haikal (ketua proyek), tim civitas akademika ITKJ dan pihak donatur (PT TATA dan PT MedQuest) yang ikut membantu mensukseskan program ini.

“Face Shield tersebut merupakan inovasi dari tim riset ITKJ dengan menggunakan teknologi 3D Digital Printing, dibuat menggunakan bahan polyactic acid dan visor mika transparan dengan tebal 0,7 mm,” jelas Eddy Yusuf, Rabu (6/5/20).

Face shield yang ringan dan nyaman untuk melingkupi wajah hingga telinga sehingga dapat meminimalisir paparan droplet dari pasien. Dari sumber informasi ITKJ, ada 121 puskesmas dan rumah sakit yang sudah teridentifikasi, dengan total kebutuhan 2.300 FaceShield, yang salah satunya adalah di Unit Layanan Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Face Shield ini juga sudah disumbangkan ke beberapa institusi di Sorong dan Jayapura.

Kepala LLDIKTI Wilayah III, Prof. Agus Setyo Budi menuturkan apresiasinya untuk perguruan tinggi yang telah turut berpartisipasi aktif dan berperan serta dalam penanganan COVID-19 ini.

“Untuk yang telah berkontribusi, diharapkan dapat diikuti oleh perguruan tinggi lainnya, tidak hanya di Jakarta saja tetapi di Indonesia,” bebernya. (ais/fzy)