Beranda Karawang Geram Tes Kerja Dibubarkan Oknum Karang Taruna, Akademisi: Apapun Alasannya Tidak Dibenarkan!

Geram Tes Kerja Dibubarkan Oknum Karang Taruna, Akademisi: Apapun Alasannya Tidak Dibenarkan!

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Aksi pembubaran tes calon karyawan PT Fujita Indonesia di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang oleh sejumlah oknum Karang Taruna yang viral di group media sosial, mendapat sorotan dari berbagai elemen masyarakat.

 

Banyak dari mereka (elemen masyarakat) yang menyayangkan aksi yang dilakukan oknum Karang Taruna Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur tersebut, yang terkesan bar-bar atau premanisme.

Pasalnya, pembubaran yang berdalih penundaan tersebut, karena pihak perusahaan tidak melakukan izin terlebih dahulu atas diadakannya tes perekrutan calon karyawan tersebut kepada pihak mereka (oknum karang taruna) yang dilakukan di kantor resmi milik pemerintahan daerah Kabupaten Karawang.

Dan ratusan pelamar tersebut adalah pelamar asli orang Karawang, yang selama ini memang di perjuangkan Pemkab Karawang.

Kalangan akademisi pun turut menyoroti hal tersebut.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Singaperbangasa Karawang (UNSIKA), Aryo Fadlian, SH., MH, mengaku sangat prihatin dengan apa yang terjadi beberapa waktu lalu di Kantor Disnaker Karawang, yang notabene merupakan instansi resmi milik pemerintah.

Menurutnya, aksi yang dilakukan oknum Karang Taruna tersebut tidak dapat dibenarkan apapun alasannya.

Seharusnya Karang Taruna sebagai organisasi yang diisi oleh pemuda/pemudi masa depan bangsa, mendukung bahkan membantu program-program yang berkaitan dengan vokasi- vokasi dan pembukaan lapangan kerja baru.

“Karena sebagian besar pencari kerja itu berasal dari pemuda Karawang baik yang fresh graduate atau yang berpengalaman,” kata Aryo kepada Tvberita.co.id, Selasa (22/10).

Ia pun berharap, ke depan organisasi-organisasi kepemudaan harus mendukung program-program yang dimiliki pemerintah daerah Kabupaten Karawang. Bersinergi dan memberikan jembatan untuk pemuda Karawang agar masa depannya lebih cemerlang. Berkurangnya angka pengangguran serta memutus mata rantai kesenjangan sosial di gmasyarakat kaitan perekrutan tenaga kerja. (nna/kie)