Beranda Karawang Harapan dan Doa di Hari Jadi Kota Lumbung Padi ke-386

Harapan dan Doa di Hari Jadi Kota Lumbung Padi ke-386

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Karawang adalah salah satu Kabupaten di Propinsi Jawa Barat, yang memiliki berbagai julukan populer, diantaranya adalah Karawang Kota Lumbung Padi dan Karawang Kota Pangkal Perjuangan. Karawang juga populer dengan julukan Kota industri.

 

Pasalnya, selain wilayahnya yang agraris dengan banyak sekali pesawahan, Karawang juga sebuah kota yang memiliki nilai historis yang sungguh luar biasa, dimana teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pertama kalinya dirumuskan dan disusun oleh Bung karno dan Bung Hatta, di Rengasdengklok, kabupaten Karawang. Selain itu, Karawang juga merupakan salah satu Kabupaten dengan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara.

Kabupaten Karawang memiliki banyak potensi didalamnya, baik dari segi pertanian, industri juga potensi pariwisata dan budaya. Tdak berlebihan rasanya bila Karawang menjadi Kabupaten yang begitu membanggakan bagi masyarakatnya.

Dan tepat tanggal 14 September 2019 mendatang, Kabupaten Karawang akan merayakan hari jadinya yang Ke-386 tahun.

Sejumlah harapan pun disampaikan, baik dari kalangan politisi, pengusaha, dan juga tokoh masyarakat, untuk Kabupaten Karawang tercinta ini.

Doa dan harapan terbaik pun datang dari H. Endro Widiyantoko, seorang tokoh masyarakat yang juga pengusaha ternama di Kabupaten Karawang.

“Semoga di hari jadinya yang ke-386 ini, Kabupaten Karawang menuju ke arah yang lebih baik lagi, dan masyarakatnya pun semakin sejahtera,” ucapnya.

Kepada TV Berita, H. Endro mengatakan, kemajuan karawang saat ini sangat luar biasa, pembangunannya merata dan berkesinambungan. Dari kota hingga ke pelosok-pelosok daerah, sesuai dengan Nawacita Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

“Baru dimasa pemerintahan Cellica Jimmy , pemerintah daerah terus melakukan pembangunan yang merata sampai ke daerah- daerah, Karawang berkembang semakin pesat,” ujarnya saat ditemui di kediamannya beberapa waktu lalu.

Dikatakan H. Endro, Betapa majunya pembangunan di Kabupaten Karawang saat ini. Insvestor dan developer pun sebagai para pengusaha bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk membangun fasilitas-fasilitas yang cukup mendukung bagi destinasi kota Karawang seperti Kawasan Pabrik dan Industri, Kawasan Perumahan, dan lain-lain.

“Hotel dan Restoran pun banyak dibangun di Karawang, hotel-hotel itu ada yang bertaraf nasional dan internasional, tentu saja ini sangat membanggakan bagi kami masyarakat Karawang, melihat Kabupaten tercinta kami tumbuh pesat menjadi kota megapolitan ,” kata H. Endro lagi.

Selain itu, Salah satu Program Pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang yang sangat fenomenal adalah pembangunan 6000 unit Rumah Layak Huni bagi masyarakat Karawang yang tidak mampu, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Karawang menjadi lebih baik lagi.

“ini luar biasa, artinya, kesejahteraan di Karawang sudah luar biasa, pembangunan dimana- mana dari kota hingga ke desa, UMR nya pun tertinggi di Jawa Barat,” imbuhnya.

“Dan yang lebih membanggakan adalah,di balik pesatnya pembangunan di Kabupaten Karawang , Karawang tetap mempertahankan jati dirinya sebagai kota dengan budaya dan kearifan lokal yang beragam,” ungkapnya.

Harapan dan Doa senada pun diungkapkan oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Karawang, Dadan Suhendarsyah.

“Selamat berulang tahun ke-386 Karawang ku tercinta. Semoga kita mampu mencintai Karawang dengan segala isinya. Mari tutup masa lalu tanpa kemarahan dan kita tatap masa depan dengan keramahan,” Ucap Dadan yang ditemui TV Berita di Kantor DPD PAN Karawang, Bale Sajiwa, Minggu (1/9).

Lugas Dadan mengatakan betapa bangga dirinya, kepada Kabupaten Karawang.

Karawang merupakan kota dengan multikultur dan beragam budaya. Berbahasa Jawa di Cilamaya dan Betawi di Pakisjaya.

“Masyarakat Karawang adalah mayoritas sunda dengan bauran suku di daerah urban, berisi pula trah Banten di sebagian Kutawaluya dan Cilebar,” ujar Dadan yang juga seorang pengajar di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kabupaten Karawang ini.

Dikatakannya, Karawang adalah kodrat Tuhan yang diciptakan agar masyarakatnya memiliki rasa toleran.

“Sebagai masyarakat Karawang, kami bangga punya Mesjid Agung, Makam Syekh Quro, Candi Jiwa, Shianjin Kupoh serta Gereja Peribadatan dan Monumen Tonggak Kemerdekaan serta situs peradaban, dan keragaman budaya ini, merupakan kekayaan yang dimiliki Kabupaten Karawang yang tidak perlu dipersoalkan, namun menjadi kekuatan dan tidak pernah terpecah belah,” paparnya.

Banyak hal yang menurut Dadan patut dibanggakan dari Kabupaten Karawang, hamparan sawah, laut dan pegunungan, berjalan beriringan dengan deretan hotel berbintang, mall modern, dan bangunan industri.

“Inilah Karawang sejati, menjaga adat dalam modernisasi. Masyarakat pribuminya pun santun dan saling hormat menghormati, Antara warga dengan warga pribumi maupun pendatang, dengan alam yang menghidupinya, antara umaro dengan ulama, antara pemimpin dengan rakyatnya,” pungkasnya.(Nna)