Beranda Headline Heboh Lagu Halo-halo Bandung Diduga Dijiplak oleh Malaysia, Diganti Jadi Helo Kuala...

Heboh Lagu Halo-halo Bandung Diduga Dijiplak oleh Malaysia, Diganti Jadi Helo Kuala Lumpur

Lagu halo-halo bandung dijiplak
Tangkapan layar video lagu Helo Kuala Lumpur yang diduga menjiplak lagu Halo-halo Bandung.

TVBERITA.CO.ID – Jagad dunia maya tengah dihebohkan dengan lagu Halo-halo Bandung yang diduga dijiplak oleh warga Malaysia.

Lagu Halo-halo Bandung yang dijiplak itu ditulis dengan judul Helo Kuala Lumpur dan diunggah channel YouTube Lagu Kanak TV asal Malaysia.

Saat didengarkan, melodi dan nadanya memang serupa sedangkan liriknya tidak. Hal ini sontak memicu beragam reaksi dari netizen Indonesia di kolom komentar dalam unggahan video lagu tersebut.

Baca juga: Harga Beras di Karawang Meroket, Presiden Jokowi Mau Cek Langsung ke Pasar Johar

Bedanya, beberapa lirik lagu karya Ismail Marzuki tersebut diubah. Menurut beberapa sumber lagu ini ciptaan Lumban Tobing, prajurit Siliwangi.

“Hello Kuala Lumpur, Ibu kota keriangan// Hello Kuala Lumpur, kota kenang-kenangan// Sudah lama aku, tidak berjumpa denganmu, sekarang sudah semakin maju, aku suka sekali//” begitu lirik Helo Kuala Lumpur.

Sedangkan Halo-halo Bandung memiliki lirik, “Halo-halo Bandung, Ibu kota Periangan// Halo-halo Bandung, kota kenang-kenangan// Sudah lama beta, tidak berjumpa dengan kau, sekarang telah menjadi lautan api, mari bung rebut kembali//”

Saat ini, unggahan dari Lagu Kanak TV telah ditonton sebanyak 181 ribu kali. Hanya saja kolom komentar sudan dinonaktifkan. Di X, yang dulu dikenal sebagai Twitter, netizen menyampaikan keberatannya.

Baca juga: Once Mekel Dilarang Bawakan Lagu Milik Dewa 19, Kenapa?

“Negara tetangga ini ndak punya ciri khas bisanya cuma curi identitas negara kita, harusnya ada tindakan sihh,” kata netizen.

“liriknya jelek banget, maksa. mending kalo nyontek digubah jadi lebih bagus, lah ini udah nyontek, jelek lagi.” kata yang lain. (*)