Beranda Internasional LPM Jatibaru: Potensi Desa Harus Digali untuk Kesejahteraan

LPM Jatibaru: Potensi Desa Harus Digali untuk Kesejahteraan

JATISARI, TVBERITA.CO.ID- Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat(LPM) Desa Jatibaru, Abdul Yasir akan melakukan pendampingan kepada warga yang melakukan usaha kecil. Sehingga warga yang selama ini mempunyai usaha menjadi lebih maju lagi.

Menurut Abdul Yasir, potensi pengembangan usaha mandiri ditengah masyarakat perlu dilakukan pendampingan. Seperti halnya usaha budi daya ikan tawar perlu ditingkatkan.

“Potensi pembudidayaan ikan tawar ditengah masyarakat perlu digalakan sebab banyak lahar tidur milik warga belum di gali secara potensial secara ekonomis,”katanya, Kamis(14/2).

Dikatakan Abdul Yasir, hampir puluhan warga punya lahan darat yang belum digali potensi. Padahal lahan darat bisa dirubah menjadi kolam ikan yakni pembudiyaan ikan yang dapat menghasilkan uang.

“Kadang warga bingung ada lahan tapi tidak di manfaatkan untuk mengubah menjadi nilai ekonomis sehingga menghasilkan uang untuk pendapatan warga,”tandasnya.

Kedepannya perlu gagasan atau terobosan baru sambung Abdul Yasir. Masyarakat atau warga yang punya lahan tidur perlu dikembangkan jadi nilai ekonomis.

“Program Pemdes setelah beres infrastruktur perlu menyentuh pengembangan potensi desa baik itu di sektor peternakan ayam kampung maupun pembudiyaan ikan tawar,”katanya.

Ia juga berharap kepada dinas terkait agar turun kelapangan menggali potensi ekonomi masyarakat pedesaan. Sebab tanpa arahan dari dinas terkait terkadang masyarakat kebingungan.

“Seharusnya ada program pengembangan potensi desa dari dinas terkait. Yakni menggali potensi ekonomi masyarakat pedesaan,”tandasnya

Pembangunan fisik infrastruktur jalan kata Abdul Yasir diperkirakan akan tuntas tahun 2019-2020. Sebab hampir kebutuhan infrastruktur untuk kepentingan masyarakat sudah dilaksanakan dan direalisasikan di Desa Jatibaru secara bertahap dan berkelanjutan.

“Maka kedepannya setelah program infrastruktur selesai. Maka program pemberdayaan masyarakat perlundigali potensi apa yang cocok untuk di kembangkan. Agar masyarakat sejahtera secara ekonomi,”pungkasnya.(cr3/ris)

Komentar Facebook