Beranda News Jabar Masih Berpotensi Alami Hujan Lebat, BMKG Bandung: Jangan Terlena

Jabar Masih Berpotensi Alami Hujan Lebat, BMKG Bandung: Jangan Terlena

BANDUNG, TVBERITA.CO.ID – Masyarakat harus tetap waspada meski beberapa hari ini di sebagian wilayah Jawa Barat (Jabar) tidak terjadi hujan. Sebab, potensi hujan lebat masih bisa berpotensi menerjang Tanah Pasundan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung, Toni Agus Wijaya mengatakan, belakangan ini tidak terjadi hujan disebabkan adanya badai tropis di wilayah timur yang berdekatan dengan Australia. Sehingga mempengaruhi pola angin di beberapa wilayah Jawa Barat.

Toni mengatakan, curah hujan yang prediksi terjadi dapat melebihi 50 milimeter per jamnya. Hal itu dapat memicu banjir dan longsor.

“Ya, di puncak musim hujan seperti ini berpotensi terjadi curah hujan lebih dari 50 mm per hari. Itu kategori hujan yang lebat. Itu kalau lebih dari 50 mm per jam biasanya berpotensi banjir dan longsor sehingga perlu kesiapsiagaan,” ucapnya.

Potensi hujan lebat, lanjut Toni, dapat terjadi pada periode Januari hingga Februari 2020 ini, yang menjadi puncak musim hujan. Meski begitu, Toni menyebut potensi tersebut terjadi dalam jangka pendek.

“Di Januari dan Februari ini peluangnya ada, sehingga nanti secara jangka pendek, satu hari atau tiga jam sebelumnya, kita update kalau memang ada potensi hujan lebat kita sampaikan melalui berbagai media,” ucapnya.

Pada intinya, cuaca itu mudah berubah sehingga informasinya perlu diperbaharui setiap saat. Kemudian, akan disebarkan ke masyarakat dengan berbagai media, termasuk media sosial.

“Kemudian, ada aplikasi yang bisa dipasang di ponsel namanya Info BMKG. Itu bisa secara otomatis kita bisa tahu cuaca di Bandung saat ini seperti apa, bahkan di tiap kecamatan,” katanya. (okz/tvb)