Beranda Karawang Jelang Pemilu 2024, IMAKA Ajak Mahasiswa Kawal Demokrasi

Jelang Pemilu 2024, IMAKA Ajak Mahasiswa Kawal Demokrasi

KARAWANG- Ikatan Mahasiswa Karawang (IMAKA) mengadakan seminar nasional dengan tema peran pemuda dan mahasiswa dalam memandang pemimpin 2024 di Aula Husni Hamid Pemda Karawang, Kamis (11/8/2022)

Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Forum Mahasiswa Merah Putih, dan dihadiri berbagai perwakilan mahasiswa diantaranya UNSIKA, Universitas Nahdlatul Ulama Karawang, STMIK ROSMA, STIKES Horizon, Universitas Buana Perjuangan, Universitas Trianandra, dan juga hadir keluarga mahasiswa Karawang Bekasi.

Presiden IMAKA, M. Aulia Awaludin mengungkapkan kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyongsong tahun politik di 2024 mendatang.

“Ini sebagai langkah kita mahasiswa dalam menyamakan persepsi tentang pemimpin ideal di 2024 yang diharapakan, terkhusus pemimpin Karawang,” kata Aul kepada wartawan.

Baca Juga: Usai Kalah di Muscab Demokrat, Kinerja Cellica Dianggap Menurun

Ia juga menyampilkan tantangan pemimpin kedepan sangat tidak mudah, pasalnya dunia saat ini sedang mengalami krisis energi dan pangan, dampak perang Rusia- Ukraina.

“Dimana-mana khususnya di Uni Eropa, sedang dilanda krisis, tentu hal ini juga berdampak kepada Indonesia, sebagai salah satu negara importir Gandum Ukraina, anak-anak kost juga harus bersiap mie instan dikabarkan akan naik,” jelasnya.

“PR pemimpin kedepan sangat banyak, ditambah recovery ekonomi pasca pandemi yang belum sepenuhnya berhasil, wabah Covid sendiri belum ada tanda-tanda hilang, malah terus bermutasi,” tambahnya.

Aulia berharap, Indonesia khususnya Karawang di 2024 mendatang memiliki pemimpin yang cekatan, cerdas dan juga adaptif terhadap perubahan zaman.

Baca Juga: Kapolri Tetapkan Irjen Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan Brigadir J

“Semoga dari situasi serba sulit ini, di 2024 mendatang lahir banyak pemimpin hebat yang bisa memberikan kemaslahatan kepada banyak orang, maka kita berharap warga bisa memilih pemimpin Karawang mendatang dengan cerdas, berdasarkan kualitas, visi misi nya jelas, pengalaman nya bagus, bukan dilihat dari ngasih uangnya berapa,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Dewan Penasehat IMAKA, Dr. Sonny Hersona Gw,Drs, MM CH.RA berpesan pemuda harus berperan aktif dalam Pemilu 2024 mendatang, untuk mengawal proses Demokrasi di Indonesia berjalan dengan semestinya.

“Akhir-akhir ini marak sekali politik transaksional dan minim gagasan dari para calon pemimpin, dan proses kaderisasi partai yang yang gagal, yang belum mampu memunculkan pribadi pribadi yang berkualitas, dan kompeten,” kata Sonny.

“Besar harapan dengan kegiatan ini yang di lakukan IMAKA bisa menjadi pemantik agar mahasiswa dan pemuda lebih pro aktif dalam menyuarakan dan menjalankan demokrasi dengan semestinya,” tutupnya.

Untuk diketahui kegiatan seminar tersebut di isi oleh berbagai narasumber
diantaranya Koordinator Pusat Dema PTKIN Ongky fahrurozi, TA Ketua komisi X DPR RI Ricky sofiyan, SE, Ketua DPD KNPI Karawang Guntar mahardika, SM, MM, Koordinator Pusat BEM Nusantara, Ahmad Supardi, dan Keynote Speaker Dr. Sonny Hersona Gw,Drs, MM CH.RA yang juga selaku Ketua Dewan Penasehat IMAKA. (ddi)