Beranda Karawang JPPR: Pendidikan Pemilih di Karawang Harus Ditingkatkan

JPPR: Pendidikan Pemilih di Karawang Harus Ditingkatkan

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG –¬†Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) mengapresiasi kekritisan pemilih di Karawang yang dapat meminimalisir politisasi Bansos di tengah pandemi ini, namun JPPR berharap pendidikan pemilih di Karawang harus terus ditingkatkan, Jumat (15/5).

Koordinator Nasional JPPR, Alwan Ola Riantoby menyinggung beredarnya foto bupati petahana dalam karung beras yang rencananya akan didistribusikan ke masyarakat mendapat banyak sorotan dari masyarakat, menurut berbagai sumber beras dengan karung berfotokan Bupati Karawang itu tidak jadi didistribusikan, dan sudah diganti dengan karung beras biasa.

“Beredarnya foto tumpukan beras dengan karung gambar Cellica menurut berbagai keterangan tidak jadi dibagikan, hal tersebut tentu tidak terlepas dari peran serta masyarakat pemilih yang kritis,” kata Alwan.

Alwan berharap pendidikan pemilih di Karawang terus di tingkatkan untuk mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran pada setiap tahap pemilihan di Pilkada yang akan datang.

“Pendidikan pemilih di Karawang harus terus ditingkatkan, saya juga mengapresasi kesadaran masyarakat Karawang sehingga bisa melakukan tindakan preventif sehingga tidak terjadi politisasi bansos yang ramai di bicarakan baru-baru ini,” tambah Alwan.

Alwan juga menyayangkan peran Bawaslu Karawang yang membiarkan masalah tersebut terjadi dan muncul kepermukaan.

“Seharusnya Bawaslu yang lebih proaktif untuk melakukan tindakan pencegahan, apakah bawaslu Karawang sudah melaksanakan SE Bawaslu No 0266, sebagai bentuk pencegahan, selain SE tersebut dimensi pengawasan dan insting sebagai lembaga pengawas harus ditingkatkan dan diperbaiki, jangan menunggu laporan baru menindak, Bawaslu punya kewenangan, kan bisa saja dijadikan temuan. Semoga Bawaslu Karawang semakin produktif,” tutupnya. (ddi/fzy)