Beranda Karawang Juara Pengangguran di Jabar, Pemkab Karawang Mau Fokus di Program Pemagangan

Juara Pengangguran di Jabar, Pemkab Karawang Mau Fokus di Program Pemagangan

TVBERITA.CO.ID – Di Provinsi Jawa Barat, Karawang merupakan kabupaten yang masuk ke dalam urutan lima besar dengan jumlah pengangguran tertinggi.

Meski jumlah perusahaan yang berdiri di Karawang mencapai ribuan dan memiliki kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, Okih Hermawan membenarkan hal tersebut. Namun ia tidak bisa memastikan berapa jumlah pengangguran di Kabupaten Karawang saat ini.

“Jumlah pastinya saya belum tahu persis karena fluktuatif. Yang jelas walaupun banyak industri, Karawang merupakan Kabupaten dengan jumlah pengangguran yang tinggi,” ujar Okih, Rabu (24/6).

Lebih lanjut ditandaskan Okih, Sebagai Kepala Disnakertrans Kabupaten Karawang, pihaknya selalu berupaya untuk mengurangi jumlah pengangguran, Salah satunya dengan program pemagangan seperti yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Kami terus berupaya dengan terus menggalakan Program nasional yang diselenggarakan di Karawang, yaitu pemagangan,” katanya.

Program pemagangan ini, kata Okih lagi, sudah dilakukan pada saat awal dirinya menjabat sebagai Kepala Disnakertrans. Kurang lebih sekitar 300 orang bisa terserap sebagai Karyawan magang di beberapa perusahaan.

Akan tetapi karena pandemi Covid-19 melanda Indonesia termasuk juga Kabupaten Karawang program ini untuk sementara harus ditunda terlebih dahulu.

“Karena kondisi corona mewabah ya sementara tidak bisa dilanjutkan. Yang ada beberapa perusahaan justru malah merumahkan karyawannya,” pungkasnya. (nna/fzy)