Beranda Karawang Kades Duren Minta Penyaluran Bansos Covid-19 Dimulai dari Desa

Kades Duren Minta Penyaluran Bansos Covid-19 Dimulai dari Desa

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Kepala Desa Duren, Kecamatan Klari, Abdul Halim menilai, usaha pemerintah daerah Kabupaten Karawang dalam menyalurkan bantuan sosial (bansos) beberapa waktu lalu merupakan sebuah blunder.

Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19 yang idealnya mengacu pada protokol kesehatan, seperti social, physical distancing, tidak berkurumun, pemkab malah membuat aturan dengan memusatkan penyaluran bansos di satu titik. Sehingga kerumunan massa dari berbagai desa tak dapat dihindarkan.

“Ambil contoh Jaring Pengaman Sosial (JPS) beberapa waktu lalu. Kenapa harus dipusatkan kecamatan atau kantor pos, kenapa tidak di desa?,” tanyanya heran, Kamis (25/6).

“Mana protokol kesehatan yang selama ini digaungkan? Nihil. Pembagian bansos yang ada malah menimbulkan kerumunan. Karena ratusan masyarakat dari berbagai desa tumplek di situ semua,” tandas Halim.

Menurutnya, Pemkab Karawang terkesan tidak memiliki kepercayaan kepada pemerintahan desa.

“Kalau dipusatkan di masing-masing desa, jumlahnya tidak sebanyak ketika berkumpul di satu titik. Saya yakin kerumunan massa juga bisa diantisipasi,” tegasnya.

“Serahkan ke desa, biarkan desa yang urus mekanisme pembagiannya,” sambungnya.

Maka dari itu, ia mengingatkan pemkab Karawang untuk mengevaluasi kembali mekanisme penyaluran bansos di tahap dua ke depan.

“Harus dievaluasi lagi. Jangan sampai terulang seperti di tahap satu kalau ingin pandemi ini segera beres,” pungkas Halim. (kie/fzy)