Beranda Karawang Kadisnakertrans: Pembubaran Tes Kerja Hanya Salah Paham

Kadisnakertrans: Pembubaran Tes Kerja Hanya Salah Paham

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, H. Ahmad Suroto menyatakan jika kejadian pembubaran calon karyawan PT Fujita Indonesia oleh Karang Taruna Desa Wadas Telukjambe Timur yang sedang melakukan tes hanyalah kesalah pahaman saja atau miss komunikasi.

 

“Ini hanya miss komunikasi saja antara Karang Taruna dengan pihak perusahaan,” katanya menjelaskan.

Baca juga: Di Disnaker, Tes Kerja Orang Karawang Dibubarkan Oknum Karang Taruna

Lebih lanjut Suroto menjelaskan, Karang Taruna Desa Wadas merasa pihak perusahaan, yakni PT Fujita Indonesia tidak memberitahukan terlebih dahulu adanya lowongan pekerjaan kepada mereka Karang Taruna.

Padahal Karang Taruna ini posisinya merupakan suatu lembaga masyarakat di bidang kepemudaan yang seharusnya dilibatkan.

“Wajarlah, semua hanya karena kurangnya koordinasi saja antara kedua belah pihak,” ujarnya.

Menurut Suroto, memang biasanya tes perusahan ini dibagi menjadi dua kelompok, kelompok wilayah sekitar dan kelompok umum. Karena ini adalah bagian dari mengintegrasikan antara kepentingan masyarakat sekitar dengan masyarakat Kabupaten Karawang.

“Saya sudah cek juga tadi, mereka yang tes ini adalah orang Karawang. Dan ini bagian dari kita agar bagaimana mensinergiskan orang Karawang agar bisa bekerja di Karawang, Karang Taruna orang Karawang, semua orang Karawang,” kata Suroto kembali menandaskan.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur, Kang Pupu menjelaskan jika pihaknya bukan melakukan pembubaran, namun hanya menunda pelaksanaan tes yang dilakukan PT Fujita Indonesia.

Pasalnya, pihaknya sudah dua kali melakukan kunjungan ke perusahaan tersebut namun PT Fujita tidak memberikan respon.

Bahkan hari ini dilangsungkannya tes pun, kata Kang Pupu, pihak perusahaan tidak memberitahukan terlebih dahulu kepada pihaknya.

“Makanya di sini saya langsung menegur dengan cara seperti ini, dan Alhamdulillah ada hikmah dibalik semua ini, di mana kedepannya kita ada komitmen dengan pihak perusahaan,” jelasnya. (nna/kie)