Beranda Karawang Kampung Tanggap Covid-19 Kutapohaci Diapresiasi Bupati

Kampung Tanggap Covid-19 Kutapohaci Diapresiasi Bupati

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin S.I.K.M.H, Dandim 0604/Karawang Letkol Inf. Endang Sumardi, S.Sos, Kajari Karawang Rohayatie, dan Ketua DPRD Karawang Pendi Anwar meninjau Kampung Tanggap Covid-19 di Desa Kutapohaci, Kecamatan Ciampel, Karawang, Kamis (28/5).

Kampung Tanggap Covid-19 di Kutapohaci punya fasilitas lengkap sesuai protokol kesehatan. Dari mulai gerbang desa yang dipasang perangkat disinfektasi otomatis sekaligus tempat cuci tangan. Ada juga ruang isolasi dekat danau. Dan kolam ikan untuk ketahanan pangan.

Di hadapan awak media, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengungkapkan, meski era normal baru diterapkan, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan di semua sektor. Tak terkecuali di ruang publik.

“Kita harus bersiap penerapkan new normal dengan catatan edukasi seputar Covid-19 kepada masyarakat. Terutama soal protokol kesehatan yang bertujuan mencegah penularan,” katanya.

Cellica mengakui dalam new normal peningkatan disiplin dan peran aktif masyarakat tetap harus ditingkatkan dalam upaya pencegahan korona, salah satunya adalah adanya desa tangguh Covid-19 yang langsung dibangun oleh masyarakat desa.

“Sudah ada dua desa tangguh Covid-19, selain Kutapohaci juga ada Parungmulya. Saya harap desa-desa ini akan menularkan kebiasaan baiknya untuk masyarakat;” ungkapnya.

Dalam desa tangguh, pemerintah desa dan masyarakat menyiagakan dirinya secara sadar dalam melawan Covid-19. Mereka secara swadaya menyiapkan ruang isolasi untuk warga pendatang, kemudian meningkatkan kesadaran menggunakan masker dengan saling tegur dan bahu-membahu.

“Lalu karang taruna desa juga saya lihat berperan aktif. Mereka selalu siaga ditempat publik seperti masjid dan musala untuk mengecek suhu dan mengingatkan menggunakan masker,” pungkasnya. (fzy)