Beranda Karawang Karawang Jadi Wilayah Percontohan Program Kontrasepsi Tekan Angka Kelahiran

Karawang Jadi Wilayah Percontohan Program Kontrasepsi Tekan Angka Kelahiran

TVBERITA.CO.ID – Deputi KB BKKBN dr Eni Kustina menyebutkan bahwa Kabupaten Karawang merupakan wilayah percontohan pengembangan dan keberhasilan program Kontrasepsi Akseptor Metode Operasi Wanita (MOW) di Jawa Barat.

“Karawang jadi model bagi Kabupaten lain se-Jawa Barat. Dan tahun ini Karawang 246 akseptor sampai akhir tahun, dengan secara bertahap screening dan pemasangan yang dipusatkan di RS Rosela Karawang selama September hingga Desember,” ujarnya di Aula DPPKB Karawang, Rabu(16/09/2020).

Dikatakan Eni yang juga mantan Kepala Puskesmas Rawamerta, bahwa pelaksanaan akseptor MOW dilakukan secara gratis. Dan dirinya juga mengaspresiasi Rumah Sakit yang menyanggupi biaya dengan biaya seadanya tanpa mengurangi pelayanannya.

“Kami sangat mengaspresiasi rumah sakitnya tanpa mengurangi pelayanannya sedikit pun, biayanya disanggupi dengan ala kadarnya di tengah kondisi Pandemi Covid-19,” paparnya.

Masih kata Eni, Karawang sebagai penyangga Nasional ditargetkan dengan besar. Terlebih masih hari kontrasepsi sedunia dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), dimana pemerintah menargetkan 150 ribu pengguna IUD dan 100 ribu implan.

“Dilakukan penyelesaiannya secara bertahap terlebih di tengah Pandemi Covid-19, Karawang prototipe untuk daerah lain,” pungkasnya. (ris/fzy)